Tahukah anda di masa pandemic ini banyak orang yang takut keluar rumah di karena kan adanya virus covid-19, Apa yang di maksud covid 19? Virus corona atau severe acute respitory syndrome corona virus 2 ( SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang system pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus corona busa menyebabkan gangguan ringan pada system pernapasan, infeksi paru paru yang berat, hingga kematian.

Virus ini membuat perekonomian terkena dampak yang cukup parah, dengan adanya sistem lockdown membuat orang di haruskan berada di rumah bahkan untuk orang yang bekerja juga harus dalam rumah atau bisa disebut dengan istilah WFH ( Work from home ). Untuk orang yang keluar rumah juga di wajibkan untuk menggunakan masker dan membawa handsanitizer dikala masa pandemic ini. Walaupun sekarang sudah masa transisi menjadi peraturan New Normal kita juga masih dituntut untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang di keluarkan oleh pemerintah agar terhindar dari virus ini.

Jadi sangatlah penting untuk orang yang akan keluar rumah untuk menjaga jarak aman dan menjaga kebersihan semisal sehabis berinteraksi dengan orang sekitar atau dengan orang yang tidak dikenal, sebagai orang islam yang taat dengan agama alangkah baiknya kita mencontoh sunnah rasul dalam menjaga kebersihan, karena slogan ” menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman ” sudah melekat dengan diri kita sejak dini.

Tidak ada aktivitas keseharian Nabi Muhammad ( SAW ) yang luput dari pandangan sahabat. Khusunya dalam menjaga kebersihan. Disini saya ingin membagikan sunnah sunnah rosul dalam menjaga kebersihan yang mungkin bisa kita aplikasikan terhadap masa pandemic ini :

Mencuci tangan

Mencuci tangan sangatlah penting dimasa pandemic ini, karena kita tidak tahu darimana virus itu datang, alangkah baiknya kita sebelum memulai aktifitas dibiasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu seperti yang di sebutkan dalam hadits :

Hadits narasi abu hurairah.

” ” .

Artinya: Rasulullah SAW mengatakan, “Ketika kamu bangun tidur, dia seharusnya cuci tangan tiga kali sebelum beraktivitas karena dia tidak tahu kondisi tangannya saat malam hari.” (HR Muslim).

Hadits berderajat shahih ini kembali mengingatkan pentingnya cuci tangan sebelum melakukan aktivitas. Cuci tangan memastikan tidak ada virus dan bakteri yang berisiko menginfeksi tubuh.

Apalagi di masa pandemic ini kita harus selalu mencuci tangan kita sehabis memegang sesuatu atau sehabis berinteraksi dengan orang, karena kita tidak tau apa yang kita lakukan itu terbebas dari virus atau tidak.

Makanan

Makanan juga sangat lah penting untuk menjaga kesehatan dalam masa pandemic ini, apalagi sebagai orang islam kita di haruskan memakan makanan yang halal, sebagaimana yang telah di sebutkan dalam hadits :

” Dihalalkan bagi kalian dua bangkai dan dua darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati (lever) dan limpa. [ HR Ibnu Majah ] “

Kenapa penting kita memakan makanan halal? Karena sesuatu yang haram sudah pasti ada kandungan yang tidak baik dalam tubuh kita, apalagi dikatakan asal muasal virus ini muncul dikarenakan adanya sebagian orang yang memakan makanan haram yaitu kelelawar, dimana menurut islam hewan kelelawar sudah jelas tidak untuk di konsumsi bagi orang islam.

Olahraga

Olahraga juga aktifitas yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dalam masa pandemic seperti ini, kita tau sebagaimana orang islam kita di anjurkan untuk menjaga kesehatan kita dengan berolahraga, maupun melakukan aktifitas yang dapat menyehatkan tubuh kita sebagaimana di sebutkan dalam hadits :

: :

Artinya: Abu Hurairrah RA berkata, “Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan daripada Rasulullah SAW. Roman mukanya cemerlang seperti matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan walaupun kami berusaha mengimbangi jalan beliau. Padahal, beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.” (HR Muslim).

Hadits di atas menjelaskan bagaimana efek rajin berolahraga dapat membuat seseorang terlihat lebih sehat dari fisiknya jika ia rajin berolahraga.

Berikut adalah ulasan mengenai sunnah sunnah yang mungkin dapat kita aplikasikan terhadap masa pandemic ini, semoga dapat bermanfaat untuk pembaca semua dan berdoa agar dalam menghadapi kondisi wabah Covid-19 ini kita selalu dijaga agar terhindar dari segala hal buruk yang mengancam kita baik dari segi fisik maupun dari segi rohani kita.

Amin ya robbal alamin……

sumber : https://www.kompasiana.com/ranggadi/5eece3edd541df368a314ab3/mencontoh-sunnah-rosul-dalam-menjaga-kebersihan-agar-terhindar-dari-penyakit-seperti-covid-19

Mencontoh Sunnah Rosul dalam Menjaga Kebersihan agar Terhindar dari Penyakit seperti Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *