Alquran merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad Saw yang diturunkan Allah Swt untuk umat muslim. Di dalamnya terdapat sumber ilmu pengetahuan sebagai pedoman hidup manusia, baik di dunia maupun akhirat.

Bagi umat muslim, mempelajari Alquran tidaklah sulit. Allah telah memberikan jaminan kemudahan bagi siapa saja yang ingin membaca, menghafal, memahami serta mengamalkan Alquran.

Bagaimana sih kiat jitu untuk menghafal Alquran bagi para pekerja ? Yuk simak ulasan

1. Keinginan yang kuat.

Karena keinginan itulah saya bisa menghafal setelah shalat tahajud dan setelah salat subuh,”

2. Harus istiqomah

Harus istiqomah. “Kemudian jangan lupa mohon kepada Allah untuk diberikan kemampuan istiqomah,”Bebannya memang ada dua, menambah hafalan dan menjaga hafalan. Makanya harus dijaga keduanya,”

3. Jadikan Alquran sebagai pegangan hidup

Alquran harus dijadikan sebagai pegangan hidup, ketika percaya Alquran sudah menjadi pegangan hidup, sehingga tidak takut lagi dengan segala hal di bumi ini. 

4. Memanfaatkan waktu seluang mungkin

Menyatakan bahwa tidak punya waktu bukan alasan untuk tidak bisa menghafal Alquran, “berdoa supaya minta waktu lenggang. Akhirnya Allah mengijabah dengan memberi waktu lama. “Setiap manusia diberi potensi yang sama, dalam waktu 24 jam, di sela-sela kesibukan, inilah waktu yang harus dimanfaatkan,”. 

5. Jauhkan diri dari sosial media dan tv

Supaya menghindari dua hal, yaitu televisi dan media sosial. Baginya, dua hal itu adalah perampok waktu yang membuat manusia berleha-leha. “Hindari sekurangnya 3 perampok waktu, yaitu televisi, media sosial, dan waktu perjalanan. Semuanya kalau direkap bisa kita manfaatkan waktunya. Nah dalam waktu perjalanan atau safar, kita bisa menghafal di tengah-tengahnya,”

Print Friendly, PDF & Email
5 Kiat Menghafal Alquran untuk Kamu yang Tak Banyak Waktu Luang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI