Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh Sahabat Qur’an..

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan sempurna. atas segala karunia dan kemuliaan-Nya.

Dalam artikel kali ini izinkan kami memberikan tips-tips bagamana cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan anjuran Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

Membaca Al-Qur’an termasuk sebaik-baik zikir dan para pembawanya tergolong manusia yang terbaik sebagaimana sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” ( HR. al-Bukhari dari sahabat ‘Utsman bin ‘Affan radhiallahu ‘anhu)

Akan tetapi, untuk mendapatkan predikat ‘sebaik-baik manusia’ tidak cukup hanya membaca dan mempelajarinya, tentu di sana ada persyaratan yang lain seperti ikhlas dan mengamalkan isi kandungannya. Tetapi juga harus memahami Adab dalam membacanya.

Nah, maka dari itu kami rasa amat diperlukan untuk mengurai berbagai adab dalam membaca Kalamullah yaitu Al-Qur’anul Karim. Baiklah, kita langsung saja kita ke tips bagaimana adab dalam membaca Al Qur’an diantaranya sebagai berikut:

1)  Dalam keadaan suci

Siapapun yang hendak membaca Al Qur’an hendaknya bersuci dari hadas, baik hadas besar (dengan mandi) maupun kecil (berwudhu)

2) Mulai dengan Ta’awuzd

Menbaca Al Qur’an sebaiknya dimulai dengan lafal Ta’awudz yaitu “A’uzu billahi minasy syaitanir rajim”, yang artinya aku berlindung kepada Allah dari godaan setang yang terkutuk.

3) Membaca dimulai dari awal surah

Setelah membaca Ta’awudz dan basmalah , baru membaca ayat ayat Al Qur’an dan memulainya dari awal surah, Apabila tidak membaca dari awal surah cukup membaca Ta’awudz saja. Namun berbeda ketika Sahabat Qur’an membaca surah At Taubah, Sahabat Qur’an cukup membaca Ta’awudz saja tidak perlu membaca basmalah walaupun dibaca dari awal surah atau ayat pertama.

4) Tartil dan menjaga Kaidah Tartil

Yaitu membaca dengan jelas sesuai dengan Kaidah Tajwid yang benar.

Yakni membaca Al Qur’an dengan jelas, yaitu sesuai Kaidah Tajwid yang benar

5) Membaca dengan suara yang Bagus atau Merdu

Tentu membaca dengan suara yang bagus dan merdu adalah suatu keharusan karena kenapa, ketika kita membaca dengan suara yang bagus dan merdu tentu bisa menyejukkan hati Sahabat Qur’an. Selain menyejukkan hati, kita juga bisa lebih menghayati ayat yang kita baca. Membaca dengan bacaan yang bagus nan merdu juga dapat membuat orang lain mendengarnya dapat membuat orang tersebut senang dengan setiap lantunan ayat yang Sahabat Qur’an baca, mungkin juga bisa memnggerakkan hati sang pendengar tersebut untuk mau membaca Al Qur’an dari semulanya tidak pernah mau membaca hingga ingin selalu membacanya.

6) Suara pelan atau keras

Membaca AL Qur’an tergantung situasi dan kondisi, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam terkadang membaca dengan pelan, dan kadang juga membaca dengan keras

7) Bersujud ketika membaca ayat Sajdah

Ayat Sajdah (اٰية السجدة) adalah ayat-ayat tertentu dalam Al Qur’an yang bila dibaca disunnahkan bagi yang membaca dan mendengarnya untuk melakukan sujud tilawah. Ayat-ayat sajdah tersebar di beberapa surah dalam Alquran, yaitu pada salah satu ayat dalam surah Al-A’raf,Ar-Ra’d, An-Nahl, Al-Isra’, Maryam, Al-Furqan, An-Naml, As-Sajdah, Fussilat, An-Najm, Al-Insyiqaq, Al-‘Alaq serta surah Al-Hajj yang memiliki dua ayat sajdah.

8) Menghadap Kiblat

Menghadap Kiblat seperti kita hendak melaksanakan Sholat.

9) Khusyuk dan Tenang

Tentu hal ini juga sangat penting ketika Sahabat Qur’an membaca Al Qur’an tentu harus khusyuk dan tenang supaya dalam membaca kita tidak terburu buru ataupun membaca dengan santai agar dapat dengan mudah memahami isi dari kandungan setiap ayat yang Sahabat Qur’an baca.

10) Mengenakan Pakaian yang pantas dan Menutup Aurat

Dalam membacanya pun Sahabat Qur’an harus berpakai sopan atau pantas dan tentunya menutup aurat seperti ketika kita akan melaksanakan Sholat Berjamaah. Karena sejatinya Al Qur’an sejatinya suci jadi Sahabat Qur’an harus menutup aurat dan tidak boleh berpakain semaunya.

11) Penuh Perhatian dengan berusaha memahami arti atau isi kandungan ayat yang di baca

Maksudnya adalah ketika Sahabat Qur’an membaca Al Qur’an tentu harus Focus, jangan sampai Sahabat Qur’an ketika membacanya berpikir yang lain seperti berpikir ingin membeli sesuatu barang yang tidak di perlukan ataupun yang lainnya. Tentu jika Sahabat Qur’an tidak fokus dalam membaca maka akan sulit untuk memahami isi kandungan dari ayat Al Qur’an yang Sahabat Qur’an baca.

12) Memerhatikan Tanda Waqaf dan baca lainnya

Maksudnya adalah ketika Sahabat Qur’an membaca Al Qur’an harus memerhatikan tanda Waqaf atau pun hukum bacaan harus memahami dimana harus berhenti dan dimana haus melanjutkan ataupun selalu memerhatikan panjang pendeknya sesuai Tajwid.

13) Mulut tidak berisi makanan saat membaca Al Qur’an

Membaca dalam keadaan mulut berisi makanan sangatlah tidak baik selain tidak sopan tentu ketika membacanya pun bisa jadi salah dalam pengucapan ataupun tidak jelas dalam pengucapan setiap Hurufnya. Tentu sebaiknya ketika akan membaca Sahabat Qur’an harus menghabiskan makanan yang berada dalam mulut, ataupun hindari makan sambil membaca agar fokus Sahabat Qur’an tidak terganggu.

14) Suara bacaan Al Qur’an jangan sampai menggaggu orang yang sedang sholat

Maksudnya adalah ketika membaca Al Qur’an  Sahabat Qur’an harus memerhatikan sekelilingngyan apakah ada orang lain yang sedang melaksanakan Sholat atau tidak, jika memang ada Sahabat Qur’an harus bisa mengecilkan suara saat membaca, agat tidak mengganggu ke khusyukan orang lain dalam melaksakan Sholatnya.

Mungkin itu saja tips yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat untuk sahabat Qur’an dan jangan lupa selalu Istiqamah dalam membaca Al Qur’an tentu dengan baik dan benar. Dan selalu memerhatikan adab membacanya agar amalan membaca Qur’an kita dapat di terima oleh Allah SWT. Terima kasih atas waktu nya telah bersedia membaca artikel dari kami dan jangan lupa coment dan share sebanyak banyaknya agar banyak sahabat Qur’an lainnya yang terbantu dengan tips kali ini.

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullah Wa Barakatuh

 

Print Friendly, PDF & Email
Adab Membaca Quran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI