Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh Sahabat Al-Qur’an..

Segala puji bagi Allah yang dengan ni’mat-Nya segala kebaikan sempurna. atas segala karunia dan kemuliaan-Nya lah dalam artikel kali ini izinkan kami memberikan tips – tips bagamana cara memegang dan menyimpan Al-Qur’an dengan baik dan benar, perlu di ketahui sahabat Al-Qur’an, Al-Qur’an adalah salah satu mukjizat  Nabi Muhammad SAW yang diturunkan melalui malaikat Jibril dan yang masih bisa kita lihat, kita pegang, kita baca bahkan bisa kita hafalkan. Walaupun usianya sudah beribu ribu tahun yang lalu namun keasliannya tetap terjaga, seperti firman Allah :

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُون

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya”. (Q.S. Al-Hijr : 9)

Oleh karena kedudukannya yang mulia itu, menghormatinya menjadi sesuatu yang harus dilakukan oleh orang-orang beriman. Bentuk penghormatan terhadap Al Quran diantaranya, sahabat Al-Qur’an harus mengerti adab memegang dan menyimpan Al Qur’an walaupun terlihat sepele namun besar sekali manfaatnya. Berikut adab/tata cara dalam memegang Al Quran.

 

ADAB MEMBAWA AL-QURAN

1) Dalam Keadaan Suci dari Hadas Besar ataupun Kecil .

“Al-Qur’an tidak boleh disentuh kecuali oleh orang-orang yang sudah suci.” (HR. An-Nasa’i, Daruquthni dan Baihaqi)

Seperti hadist diatas dijelaskan bahwa setiap kali sahabat Qur’an akan membawa atau memegang Al-Qur,an hendak lah berwudhu terlebih dahulu karena Al-Qur,an sejatinya kitab yang sangat suci. Jadi, jika sahabat Qur’an tidak memegang wudhu atau bagi perempuan yang sedang menstruasi, diharamkan memegang Al Quran.

2) Memegang Al-Qur’an Dengan Tangan Kanan.

Dalam memengang nyapun di anjurkan untuk memegang dengan tangan kanan agar sahabat Qur’an lebih menghormati kesucian dari Al-Qur,an. Ini seperti ketika kita ingin memberikan sesuatu kepada orang yang sahabat Qur’an sayang, tentu sahabat Qur’an akan memberikannya dengan tangan kanan kan. Nah begitu lah dengan sahabat Qur’an memegang Al Qur’an.

3) Membawa Separas Bahu.

Untuk membawa Al-Qur’an pun tidak sama dengan sahabat Al-Qur’an membawa buku pelajaran, novel majalah maupun sejenisnya, yang bisa sahabat Al-Qur’an bawa sesuai keinginan sahabat Al-Qur’an. Tentu dalam membawa Al-Qur’an harus separas bahu/ sejajar bahu.

      4) Saat membawa Al-Qur’an, disunnahkan mendekapnya dengan tangan kanan.

Walaupun sunnah tentu hal ini juga sangat penting  Memegang Al-Qur’an hendaklah mendekapnya atau menempelkannya pada dada, seperti halnya saat sahabat Al-Qur’an memeluk foto orang tercinta, tidak seperti saat sahabat Al-Qur’an memegang buku biasa.

       5) Badan Bersih, Lingkungan Bersih dari Kotoran dan Najis.

Hal Ini berarti sahabat Al-Qur’an dilarang keras bagi membawa dan membaca ayat suci Al-Qur’an dalam kamar mandi atau kamar kecil serta tempat-tempat yang kurang terhormat lain.

      6) Memakai pakaian yang Menutup Aurat

Hal ini juga sangat penting karena sahabat Qur’an tidak boleh menggunakan pakaian sembarangan tentulah pakaain yang digunakan harus sopan dan menutup aurat sahabat Qur’an.

      7) Duduklah Dengan Sopan Saat Memegang atau Membaca Al-Qur’an. Posisi             Al-Qur’an Harus Lebih Tinggi Daripada Lutut.

 

ADAB MENYIMPAN AL-QURAN

1) Simpan Al-Qur’an di Tempat yang Tinggi dan Bersih.

Dalam menyimpannya pun tentu harus sesuai karena sahabat Qur’an tidak boleh meletakkannya pada sembarangan tempat apa lagi di tempat yang rendah,tentu dalam meletakkannya harus di bagian paling atas, seumpama sahabat Qur’an membunyai lemari yang bertinggat hendaklah sahabat Qur’an meletakkan nya pada bagian paling atas.

2) Al-Qur’an ditaruh di Tempat yang dialas Tinggi.
3) Tidak Menjadikan Al-Qur’an Sebagai Bantal.

Tentu hal ini sangat tidak baik untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai bantal karena kurangnya rasa menghargai sahabat Al-Qur’an terhadap Al Qur’an apabila sahabat Al-Qur’an melakukannya, apalagi sampai terkena liur sahabat Al-Qur’an yang tertidur. Apabila membaca Al-Qur’an sahabat Al-Qur’an mengantuk sebaiknya sahabat Al-Qur’an letakkkan dulu Al-Qur’an di tempat yang aman, baru kita beristirahat.

4) Tidak di Tumpuk diatasnya Barang-Barang Lain.

Maksudnya adalah jangan sampai sahabat Qur’an meletakkan Al Qur’an di bawah tumpukan buku, novel, majalah, Koran dan lain sebagainya. Dan di sarankan apabila ingin meletakkan nya utamakan Al Qur’an berada pada tumpukan paling atas, ataupun letak kan sesuai jenisnya. Semisal majalah dengan majalah, buku dengan buku, dan Al Qur’an dengan Al Qur’an, sehingga lebih terlihat rapi dan mudah dalam sahabat Qur’an mencarinya. Dan ingat letakkan selalu Al Qur’an paling atas sekali.

Mungkin itu saja tips yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk sahabat Qur’an dan jangan lupa jika kita sudah bisa membawa dan menyimpan Al Qur’an dengan benar, jangan lupa pula untuk selalu membacanya, karna percuma saja jika kita sudah bisa membawakan dan menyimpannya dengan benar tapi Al Qur’an jarang sahabat Qur’an baca atau bahkan tidak pernah sahabat Qur’an baca.

Terima kasih atas waktu nya telah bersedia membaca artikel dari kami dan jangan lupa coment dan share sebanyak banyaknya agar banyak sahabat Qur’an yang terbantu dengan tips kali ini.

 

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullah Wa Barakatuh

Print Friendly, PDF & Email
Adab Memegang dan Menyimpan Al–Qur’an dengan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI