Agar Doa Dikabulkan dan Penyebab Doa Belum Juga Dikabulkan.

Hasil gambar untuk foto atau gambar orang berdoa

Assalaamualaikum Sahabat Qur’an…

Berdoa kepada Allah bukan berarti menolak apa yang telah diberikan oleh Allah, karena mengharapkan pemberian yang lebih besar. Akan tetapi, berdoa adalah bukti adanya perasaan membutuhkan Allah dan keyakinan bahwa Allah berkuasa untuk menentukan segala sesuatu.

Seseorang yang enggan berdoa kepada Allah, dianggap sebagai orang yang sombong. Seakan-akan dia tidak membutuhkan Allah. Padahal dalam setiap hembusan nafas, kedip mata dan detak jantung pasti seseorang membutuhkan-Nya. Karena itu diwajibkan hanya memohon kepada-Nya dan bukan kepada yang lain.

Allah bukan saja membolehkan seorang hamba memohon kepada-Nya di setiap waktu. Bahkan Allah memerintahkan hamba-hamba Nya untuk selalu memohon kepada-Nya. Dia juga menjanjikan akan mengabulkan permohonan hamba-Nya.

Akan tetapi, orang sering mempertanyakan, “kapankah Allah akan mengabulkan doa-Nya? Sedangkan ia sudah berdoa sekian lama, namun Allah masih belum juga memberi?”. Memang dikabulkannya sebuah doa bagaikan sebuah misteri. Ada banyak faktor mengapa Allah tidak segera mengabulkan doa kita. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak artikel ini dengan lebih seksama agar kita dapat memahami penjelasan tentang Misteri Dikabulkannya Doa.

Firman Allah dalam surat Ghafir ayat 60:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (Q.S Ghafir: 60)

Dan dalam Q.S Al Furqan ayat 77:

وَعِبَادُ الرَّحْمَٰنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا

Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.” (Q.S. Al Furqan: 77)

Berikut adalah tips agar doa dikabulkan:

  • Sucikan hati
  • Mengangkat tangan sejajar dengan kedua bahu
  • Husnuzhan (berprasangka baik kepada Allah)
  • Senantiasa memperbanyak doa
  • Merendahkan suara ketika berdoa
  • Terus menerus dalam berdoa dan mengulanginya tiga kali
  • Berdoa dengan penuh keyakinan
  • Tidak memayahkan diri dalam berdoa
  • Memulai dengan Hamdalah dan shalawat Nabi
  • Mengamini, baik doa sendiri maupun doa orang lainMenjauhi permusuhan di dalam berdoa
  • Jangan berputus asa dalam berdoa
  • Mengambil waktu dan tempat yang utama
  • Memperbanyak doa di saat senang
  • Menjauhi hal-hal yang diharamkan
  • Berdoa dengan menggunakan Al Asma’ul HusnaMemperbanyak doa bagi keluarga dan kerabat dekatnya

Banyak orang mengeluh, mengapa doanya tak juga dikabulkan. Mereka merasa sudah berdoa sekian lama namun apa yang diharapkan tak kunjung terwujud dan keadaan tidak juga berubah. Mengapa bisa demikian?

Sebelum kita bertanya pada orang lain, kita harus bertanya dulu kepada diri sendiri mengapa seolah doa kita tidak didengar oleh Allah?

            Bagi yang merasa sudah berdoa, namun belum terkabul juga, coba perhatikan hal-hal di bawah ini.Ada hikmah dibalik tidak dikabulkannya doa: Allah mengetahui apa yang bermanfaat bagi diri kita dan apa yang tidak bermanfaat. Barangkali kita menganggap sesuatu itu bermanfaat namun dalam pandangan Allah itu tidak bermanfaat.

  • Kurang ikhlas dalam berdoa: Ada kalanya orang berdoa dengan keterpaksaan. Ada pula yang berdoa hanya ucapan di bibir, tanpa disertai ketulusan hati. Atau berdoa sebagai rutinitas belaka, tanpa ada penghayatan dari dalam jiwa.
  • Adanya perasaan tidak percaya kepada Allah: Perasaan seperti ini adalah penghalang dikabulkannya sebuah doa. Bagaimana Allah akan mengabulkan jika di dalam hati ada keingkaran bahwa Allah mempunyai kekuasaan untuk mengabulkan doa?
  • Adanya permusuhan di dalam berdoa: Hidup ini penuh persaingan. Rasa iri yang tak terkendali lambat laun akan menjadi permusuhan. Tak jarang hubungan persaudaraan pun terputus. Padahal, adanya permusuhan dan putusnya persaudaraan bisa menghalangi terkabulnya doa.
  • Tidak sabar menunggu terkabulnya doa: adalah penyakit yang paling umum terjadi ditengah2 kita. Akhirnya ia meninggalkan doa yang senantiasa dipanjatkannya. Padahal, jika ia mau bersabar dan terus berdoa niscaya Allah akan mengabulkannya.
  • Melupakan Allah di kala senang: Kesalahan yang sering dilakukan manusia adalah berdoa hanya dalam kondisi terjepit saja. Kalau sudah mentok baru ingat Allah.
  • Menggantungkan doa tanpa disertai usaha: Banyak orang berdoa untuk menjadi kaya, namun tidak pernah bekerja. Dalam Al Qur’an, Allah memerintahkan kita untuk bekerja. Bekerjalah, niscaya Allah melihat pekerjaanmu.
  • Tidak mendengar seruan Allah: Bukankah Allah memerintahkan kita untuk beriman kepada-Nya dan menjawab perintah-Nya? Kalau doa kita tidak segera dijawab oleh Allah, kita harus introspeksi diri. Jika ingin doa kita dikabulkan oleh Allah, maka kita mesti melaksanakan perintah Allah terlebih dahulu.
  • Mengkonsumsi makanan yang haram: Allah itu bersifat baik dan hanya menerima yang baik. Makanan, pakaian, tempat tinggal dan perbuatan yang haram akan menghalangi doa kita sampai kepada Allah.

Jangan Ucapkan Kalimat Ini Ketika Berdoa

Ketika manusia sedang diberikan ujian dan cobaan atau sedang membutuhkan sesuatu yang penting, seorang muslim pasti akan langsung memanjatkan doa pada Allah Subhanahu wata’ala, tak lain agar diberikan jalan keluar dari permasalahan yang ada.

Bagi umat Islam, berdoa biasanya dilaksanakan usai melaksanakan sholat baik sholat wajib ataupun sunnah. Berdoa tak hanya sebatas berdzikir saja lalu meminta, justru lebih dari itu dan ada adat yang mengaturnya, hal inilah yang terkadang dilupakan oleh kita, seperti berdoa di waktu yang mustajab setiap sepertiga malam terakhir, saat sujud akhir, antara adzan dan iqomah dan lain-lain.

Dan Tuhanmu berfirman, ‘berdoalah kepada-Ku, niscaya akan aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina.” (QS. Al-Mu’min: 60)

Ketika kita sudah bersungguh-sungguh berdoa dan berdoa di waktu yang mustajab, tetapi belum dikabulkan juga seketika syaitan langsung merayu kita dan membuat kita jadi berburuk sangka kepa Allah sehingga berfikiran mengapa Allah tidak juga mengabulkan doa saya, apa Allah tidak sayang pada hamba-Nya ini? Jika sudah memiliki fikiran sseperti itu, sebaiknya seorang muslim introspeksi diri dan ambil hikmahnya mengapa Allah belum juga mengabulkan doa kita. Atau bisa juga tanpa disadari, ketika berdoa kita mengucapkan kalimat yang terlarang. Apa saja kalimat-kalimat tersebut? Berikut ini penjelasannya:

“Ya Allah, jika Engkau berkenan”/”Ya Allah jika Engkau menghendaki”

Kalimat ini sering diucapkan oleh sebagian umat Islam saat berdoa, bahkan beberapa diantaranya beranggapan baiknya menggunakan kalimat ini ketika berdoa. Sepintas tidak ada yang salah dengan kalimat tersebut, namun ternyata Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam lebih mengetahui kehendak Allah dibanding kita. Melalui Rasulullah, Allah Subhanahu wata’ala menyampaikan bahwa kalimat ini tidak disukai-Nya dan umat dilarang mengucapkan ini ketika berdoa, seperti sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Apabila salah seorang dari kalian berdoa, hendaklah ia sungguh-sungguh dalam memohon dan janganlah ia mengucapkan, ‘Ya Allah jika Engkau berkenan maka berilah aku…’, karena sesungguhnya tidak ada yang dapat memaksa-Nya.” (HR. Bukhari)

Menurut ahli tafsir, Ibnu Abdil Barr menjelaskan tentang hadits tersebut, menurutnya tidak ada yang dapat memaksa Allah Subhanahu wata’ala, Allah hanya melakukan dan mengabulkan apa yang dikehendaki-Nya.

 

Sahabat Quran,sekian artikel dari kami,semoga bermanfaat bagi kita semua.(Aamiin)

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

 

 

#AL-KAHFI

Print Friendly, PDF & Email
Agar Doa Dikabulkan dan Penyebab Doa Belum Juga Dikabulkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI