Assalmaualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,,

Segala puji bagi Rabb semesta Alam yang telah menjadikan kita orang-orang yang dekat dengan Al-Qu’an karena tidak semua orang bisa medapatkan kesempatan dan hidayah untuk di dekatkan dengan Al-Qur’an, di pahamkan Al-Qur’an serta di bahagiakan dengan hidup di kelilingi dengan orang-orang penghafal Al-Qur’an seperti di pondok tahfizh Raudhatul Qur’an ini. Dengan begitu kita bisa saling berpacu dalam kebaikan terlebih lagi berpacu untuk menghafal Al-Qur’an karena faktor lingkungan yang kondusif.

Salawat dan salam tak lupa kirimkan teruntuk baginda Muhammad Rasulullah Sallallahu Alaihi wasallam yang berkat di utusnya beliau sang suri tauladan kita dengan membawa mukjizat yang paling besar diantara semua mukjizat! yaitu Al-Qur’an, sehingga kita bisa menikmati dan merasakat mukjizat Al-Qur’an itu , dengan cara membaca terlebih lagi menghafalnya! MasyaAllah,, kemuliaan yang sangat besar.

Teruntuk Mujahid and Mujahidah penghafal Qur’an,,, kali ini saya akan membagikan sedikit tips agar tetap semangat dalam menghafal Al-Qur’an, diantaranya adalah;

1- Jaga niat

Seseorang akan menghafal dengan kadar kira niatnya. Niat karena Allah, karena ingin mendapat derajat setinggi2nya disisi Allah, adalah Sumber motivasi yang tidak akan pernah habis, sumber motivasi terkuat untuk menghafal, dan tidak ada motivasi yang lebih kuat darinya.

Sebaliknya jika motivasi orang menghafal adalah motivasi keduniaan, maka itu adalah motivasi yang lemah dan akan segera habis.

Setiap kali engkau malas, ingatlah:
Apa tujuanmu menghafal Al-qur’an..?
Bukankah engkau ingin mati sebagai ahli Qur’an…?
Mau berhasil berarti tidak boleh menyerah.
Malas berarti gagal,

2- Berdo’alah kepada Allah, agar memberimu kesemangatan dan menghindarkanmu dari kemalasan.
Karena Allahlah yang memegang hatimu, apakah dia akan memberi kesemangatan, atau membiarkanmu dalam kemalasan.

3- Jangan ujub, karena ujub adalah penyebab dicabutnya pertolongan, seperti yang terjadi pada orang iman saat perang hunain.
terkadang ujub menjangkiti seseorang ketika dia dalam keadaan semangat, maka selalu ingatlah bahwa, adanya kita bisa semangat adalah semata karena Alloh pemberian Allah.

4- Bertemanlah dengan orang-orang yang semangat.

Teman sangat penting bagi pencari ilmu, termasuk orang yang menghafal Al-qur’an, teman yang baik bisa menjadi patner dalam menghafal, menjadi penyemangat kekita lupa dan menjadi penyemangat ketika malas.

sesungguhnya yg membuat hafalan kita cukup berat bahkan carut-marut tidak lain karena kurang ke-istiqomahan kita dalam membagi-bagi waktu…

kapan untuk ziadah, kapan untuk muroja’ah, tidak jelasnya berapa target ziadah, tidak jelasnya berapa target murojaah

tidak adanya pengamalan hafalan yg dituangkan dalam shalat yg bacaannya itu-itu saja

yg semuanya itu bila satu hari saja ad yg terlewatkan atau tidak sesuai target, hampir di pastikan tatanan hafalan kita akan menjadi kacau bhkn carut-marut. disinilah kita di tuntut untuk menjaga ke-istiqomahan kita secara mudawamah/berkesinambungan.

Sedangkan Allah cinta terhadap sesuatu yang rutin/ Istiqomah/ konsisten walaupun sedikit

mulai sekarang tata kembali rancangan hafalan kita baik ziadah atau muroja’ah sesuai kemampuaan kita masing-masing, setelah itu tetap dengan istiqomah.

YG NAMANYA ISTIQOMAH BILA DALAM SATU HARI ADA TARGET YG TERLEWAT KARENA SUATU HAL, MAKA KITA HARUS MENEBUS YG TERLEWAT TERSEBUT DI HARI BERIKUTNYA

begitu pula seharusnya dengan hafalan kita bukan ?

Semoga allah memudahkan dan menjadikan kita sebagai ahli alquran.
Aamiin

Print Friendly, PDF & Email
Agar Tetap Semangat Menghafal Al-Qur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI