Hasil gambar untuk rindu bersama alquran

AL-QURAN ADALAH JELMAAN RINDU YANG SEMPURNA

Apa sesuatu yang mampu membuatmu rindu dan terseret ke dimensi waktu tertentu? Beberapa orang mengatakan bahwa mendengar lagu kenangan adalah kenderaan tercepat yang dapat membawa kita ke tempat tertentu, ke lorong rindu.Mereka, penikmat musik serentak mengatakan bahwa lagu adalah lebih dari perpaduan alat musik dan suara seorang vokalis. Lagu, bagi mazhab ini lebih dari itu. Ia fragmen rindu yang tak ada bandingannya dengan apapun dalam hal mengingat momen tertentu.Dengan lagu tertentu seseorang dengan segera mengingat mantannya, misalnya. Bagi mereka, lagu adalah penjelmaan rindu yang sempurna.Bagi saya, lagu, pada titik dan derajat tertentu memang sinonim rindu. Saya selalu mengingat masa lalu ketika mendengar lagu soundtrack perpisahan ingat akan sahabat-sahabat yang pernah bersamaku.

Meski begitu, bagi saya, seindah-indahnya dan semulia-mulianya rindu adalah Al-Quran. Ia perwujudan keindahan rindu itu sendiri.Al-Quran adalah ajakan untuk merindukan membaca. Membaca tanda zaman, membaca agar tak melulu mengonsumsi dan menyebarkan berita hoax, membaca agar pengetahuan tak melulu stagnan seperti kesejahteraan bangsa ini.Oleh sebab itu, saya pikir, ada sesuatu yang seharusnya dipahami dan diingat pada setiap malam peringatan Nuzulul Quran. Bahwa perintah pertama dalam Islam adalah Iqra. Allah dengan tegas memerintahkan kita membaca. Bacalah!

Bacalah untuk pedomanmu beribadah. Bacalah supaya kamu tidak tergolong kepada orang-orang yang bermalas-malasan dan membuang-buang waktu. Belajar dan membacalah dulu baru kerjakan ibadah. Bukan sekedar beribadah tanpa pedoman lalu mengklaim diri sebagai mahluk yang beriman dan paling benar.

Seharusnya setiap orang percaya bahwa Al-Quran adalah manifestasi panduan hidup. Kita harus percaya bahwa Al-Quran juga perintah yang harusnya dijalani orang muslim, sebagai bagian dari proses keimanan, usaha menumbuhkan rindu pada Allah.Jika kamu adalah manusia yang mencintai puisi. Al-Quran adalah segala yang dirindukan para penyair. Narasi yang anggun, diksi yang menggugah, kata yang kuat dan juga seranai kalimat yang indah.Al-Quran adalah seindah-indahnya syair. Ia juga semulia-mulianya rindu. Saya kadang berpikir bahwa Al-Quran adalah syair yang dijaga untuk abadi. Ia adalah syair indah yang dijaga sendiri oleh Yang Maha Indah.Syair-syair Al-Quran adalah kiasan yang menunggu dimengerti oleh pembacanya. Bahwa banyak kata, banyak kalimat, dan juga cerita di dalamnya yang kadang salah diartikan, gagal dipahami oleh sebagian manusia.Al-Quran adalah bukti, bahwa atas nama kata-kata, juga perintah yang kadang masih belum bisa kita pahami sepenuhnya ia tetap menjadi obat mujarab. Obat memulihkan rindu.

Al-Quran adalah rindu milik semua umat manusia. Seperti halnya Islam, apakah Al-Quran hanya milik umat Islam? Tidak. Al-Quran adalah berkah bagi seluruh umat. Ia seperti halnya Islam yang menjadi rahmat bagi sekalian alam. Islam Rahmatan Lil Alamin yang sebenar-benarnya.Kita mungkin pernah tahu Edgar Alan Poe, penyair Amerika Serikat yang terinspirasi Al-Quran. Ia pernah menulis syair terpanjang berdasarkan salah satu surah dalam Al-Quran; Al-Aaraaf.Dalam syair itu Edgar bercerita tentang Peri Nesace yang diperintahkan Tuhan untuk mengabarkan kepada para malaikat, untuk melaksanakan perintah Nya. Namun, perintah tersebut gagal dilakukan karena dua malaikat terlibat dalam kisah asmara. Akibatnya Tuhan mengutuk dua malaikat itu untuk tak diterima baik di surga dan di neraka. Al-Aaraaf sendiri memiliki arti yang di antara surga dan neraka.Dan masih banyak lagi penyair yang non muslim yg menjadikan Al-Quran sebagai inspirasi dalam berkarya.Al-Quran adalah sebuah kitab yang mencerahkan. Sebuah gudang kata-kata indah yang selalu dirindukan dan candu untuk terus dibaca. Ia memberikan orgasmus bagi orang-orang yang mencintai sajak.Al-Quran adalah bukti bahwa, jika kata-kata dirajut dengan hati tulus dan penuh kebenaran, ia dapat menjadi sebuah bala keselamatan.Al-Quran adalah segala yang bernama kesejukan.

Kalimat yang indah, suara yang magis juga sahabat yang kental. Rindu yang cepat datang.Kamu merindukanmu seseorang di tempat yang jauh, maka bacakan Al-Qura untuknya adalah sebaik-baik pelepasan rindu.  tenggelam rindu yang indah oleh kalam penyejuk. Al-Quran benar-benar jelmaan rindu yang sempurna.

 

15 Ayat Al Qur’an tentang rindu yang dapat di amalkan

  1. Surat Al Fatihah

Surat yang senantiasa dibaca ketika shalat fardhu ini memiliki keistimewaan yang besar. Surat ini selain membant memperluas rejeki, mengobati penyakit, menjauhkan dari pikun, juga dapat sebagai pengobat kerinduan terhadap seseorang.

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha pengasih lagi Maha penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada Engkau lah kami menyembah dan hanya kepada Engkau lah kami memohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. Yaitu jalan yang telah Engkau beri nikmat pada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat”. (QS Al Fatihah : 1-7)

  1. QS Yusuf : 4

Begitu besar kekuatan kasih sayang dalam islam, rasa rindu juga pernah dialami oleh Nabi Yusuf ketika berada jauh dengan Zulaikha, maka doa Nabi Yusuf ini pun memberikan manfaat “Ingatlah ketika Yusuf berkata kepada ayah nya, wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihats ebelas bintang, matahari, dan bulan : kulihat semuanya sujud padaku”. (QS Yusuf : 4). Dianjurkan untuk dibaca setelah shalat wajib atau shalat sunnah sebanyak 3 kali.

  1. QS Thaaha : 39

Setelah membaca doa Yusuf bisa dilanjutkan dengan membaca sutar Thaahaa “Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari Ku, dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan Ku”. (QS At Thaahaa : 39)

  1. Al Baqarah : 165

Surat ini dipercaya dapat menjadi obat hati di kala didera perasaan rindu, “Mereka mencintainya (memuja dan mentaatinya) sebagaimana mereka mencintai Allah, sedang orang orang yang beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah”. (Al Baqarah : 165)

  1. Ali Imran : 14

setelah membaca Al Baqarah ayat 165 di atas dapat dilanjutkan dengan membaca surat Ali Imran ayat 14 agar doa rindu tersebut juga dirasakan oleh orang yang kita rindukan. “Dijadikan indah bagi manusia kesukaan kepada benda benda yang diingini, yaitu perempuan perempuan dan anak anak, harta benda yang banyak dari emas dan perak”. (Ali Imron : 14)

 

  1. Al Baqarah : 216

Di kala jauh dari orang yang dirindukan dan berada dalam kondisi belum memungkinkan untuk menemui nya, terkadang hawa nafsu membuat kita menjadi menyalahkan keadaan, hal tersebut tidaklah layak karena Allah telah mengatur segala sesuatu yang terbaik sesuai kemampuan hamba Nya, termasuk dalam hal ujian merindukan seseorang, anda dapat mengamalkan doa berikut

“boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui”. (QS Al Baqarah : 216

  1. Al Anbiya : 89

Ketika merindukan lawan jenis yang belum menjadi muhrim, jaga hati agar tidak terjebak hawa nafsu, baca doa berikut sebagai pengobat sekaligus memohon kasih sayang dari Allah “Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku seorang diri, Engkaulah ahli waris yang paling baik”. (Al Anbiya : 89)

  1. Yassin : 36

“Maha suci Tuhan yang telah menciptakan makhluk makhluk semuanya berpasangan baik apa yang ditumbuhkan oleh bumi, atau dari diri mereka, ataupun dari apa yang mereka mengetahuinya”. (QS Yassin : 36). Doa ini boleh dbaca sebagian (ayat 36 saja), lebih sempurna jika dibaca seluruhnya surat Yassin tersebut.

  1. Ar Rad : 28

Salah satu perasaan ketika merindukan seseorang ialah merasakan hati yang sedih dan gundah karena terpisah, doa berikut dapat dibaca agar hati lebih tentram dan diberi kesabaran oleh Allah “yaitu orang orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram”. (QS Ar Rad : 28)

  1. Al Fath : 5

Doa ini dibaca ketika merindukan pasangan (suami atau istri) yang dirindukan sekaligs mendoakan kebaikan untuk kehidupan akherat, “Agar Dia masukkan orang orang mukmim laki laki dan perempuan ke dalam surga yang megalr di bawahnya sungai sungai. Mereka kekal di dalamnya dan Dia akan menghapus kesalahan kesalahan mereka”. (QS Al Fath : 5)

  1. Al Imran : 31

Terkadang ada pasangan suami istri yang terpisah karena pekerjaan atau merantau, tentunya kerinduan seperti ini amat menyesakkan karena suami istri senantiasa saling membutuhkan, doa ini dapat dibaca sebagai penyejuk hati“katakanlah Ya Muhammad : jika kamu benar benar mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa dosa mu, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS Al Imran : 31)

  1. Adz dzariyat : 49

Merindukan lawan jenis yang belum muhrim dapat mengarah kepada hawa nafsu yang sesat jika tidak pandai menjaga diri, setiap manusia pasti pernah mengalaminya, kembalikan rasa tersebut kepada Allah dan memperbanyak mengingat ayat berikut “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah”. (Adz Dzariyat : 49).

 

  1. Al A’raf : 22

Doa ini dipanjatkan oleh Nabi Adam AS ketika berada dalam kerinduan yang dalam karena terpisah dari istrinya, Hawa. Di kala itu Nabi Adam dan Hawa telah melanggar perintah Allah lantaran tergoda memakan buah khuldi yang dilarang Allah. “Wahai Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri dan telah melanggar perintah Mu karena terkena bujukan iblis, ampunilah dosa kami karena niscaya kami termasuk orang yang rugi jika Engkau tidak mengampuni kami” (QS Al A’raf : 22)

  1. Al A’raf : 23

Doa ini merupakan lanjutan dari Al A’raf ayat 22, doa ini pula yang dipanjatkan oleh Nabi Adam AS ketika memohon untuk dapat bertemu dengan istrinya , “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami niscaya kami termasuk orang orang yang rugi”. (Al A’raf : 23)

  1. Al Isra’ : 24

Rasa rindu pada orang tua, selain diobati dengan melakukan telepon atau video call, kita juga bisa berdoa untuk mewujudkan rasa rindu tersebut, doa tersebut sekaligus sebagai harapan kebaikan yang ditujukan untuk orang tua kita“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tua ku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu hamba kecil”.(QS Al Isra’ : 24). Doa ini sebaiknya tidak hanya dibaca ketika berada jauh dan rindu pada orang tua, baca setiap selesai shalat sebagai bentuk cinta kita terhadap orang tua.

Doa doa yang disebutkan di atas hendaknya dibaca dengan suara yang lembut dan pelan, tidak perlu dengan mengeraskan suara. Baca dengan hati yang lapang dan tenang. Doa menghubungkan kita langsung dengan Allah SWT, pasarahkan segalanya pada Allah, tugas sebagai orang mukmin berdoa dan berbenah diri, bersungguh sungguhlah dalam berdoa agar Allah mempermudah hamba Nya ntuk menemukan segala sesuatu yang terbaik dan terindah.

g:raudhatulquran_parung
fb:@pp.raudhatulquran
wa:085292723752

 

 

Print Friendly, PDF & Email
AL-QURAN ADALAH JELMAAN RINDU YANG SEMPURNA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI