HUKUM SHALAT DI AKHIR WAKTU 

 

Hasil gambar untuk gambar kartun anak kecil sholat

Sholat merupakan tiang agama kita, juga merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh seorang muslim, namun sering kali seseorang menunda-nunda waktu shalatnya. Lantas apa hukumnya menunda shalat dalam agama kita ?
Apakah kalian tahu tujuan Allah SWT menciptakan manusia didunia ini? Tujuan Allah menciptakan manusia didunia ini adalah untuk beribadah kepada-. Allah berfirman yang artinya : “Dan Aku (Allah) tidak menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku”. (QS. Adz-Dzaariyaat, No. Surat: 51, Ayat: 56). 

Seringkali kita sebagai muslim menunda-nunda waktu shalat kita, tidak hanya menunda bahkan kita masih suka mengabaikan shalat. Shalat adalah salah satu cara kita berkomunikasi secara tidak langsung kepada sang pencipta, dengan shalat segala masalah, cobaan, rintangan pasti memiliki titik terang.  Shalat bukanlah sesuatu hal yang memerlukan waktu lama, melakukan shalat hanya menghabiskan waktu sekitar 5-10 menit saja, tetapi mengapa masih saja kita sebagai umat muslim selalu menunda waktu shalat dikarenakan sedang asik berbincang dengan kawan-kawan atau rekan kerja, menonton televisi, bermain gadget, bahkan sampai ketiduran.

Adapun yang sengaja menunda shalat dengan sengaja hingga akhir waktu. Misalnya saja mengatur alarm waktu Shubuh ketika matahari sudah terbit atau menunda shalar Dzuhur hingga waktu Ashar dan menunda shalat Ashar hingga waktu Maghrib.

 

Kebanyakan orang berpendapat bahwa menunda shalat itu tidak masalah, asalkan tetap kita kerjakan, akan tetapi memang pahalanya saja berkurang dibandingkan dengan shalat yang tepat pada waktunya. Dan adapula yang berpendapat lain, menunda waktu shalat itu tidak boleh dan orang yang menunda waktu shalat sama saja seperti seytan.

Allah berfirman yang artinya: “Maka celaka-lah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya”. (Al-Qur’an, Surat Al-Maa;uun, No. Surat: 107, Ayat: 4-5).  Imam AL-Ghazali pernah berkata: “Barang siapa yang menunda-nundakan shalat, maka hilanglah setengah kekhusu’annya “. 

Orang yang beriman pasti mereka melakukan shalat tepat pada waktunya baik yang waktu awal ataupun yang akhir tetapi tidak sampai melewati batas waktunya. Shalat bisa dilaksanakan begitu sudah memasuki waktunya shalat, yaitu setelah adzan dan Iqomah dikumandangkan.

Sedangkan orang yang mengaku dirinya beriman tapi shalatnya sering dikerjakan dengan bermalas-malasan, menunda-nunda waktu shalat, maka ia sudah tidak lagi dapat dibilang lagi sebagai orang beriman, melainkan orang yang munafik.

Allah SWT berfirman: Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka“. (Al-Qur’an, Surat An-Nisaa, No. Surat: 4, Ayat: 142). Maka dari itu sebagai seorang muslim yang beriman, janganlah pernah kita menunda-nunda waktu shalat dan bahkan sampai meninggalkan shalat. Jika itu terjadi maka kita sendirilah yang akan mempertanggung jawabkannya di akhirat nanti.” Berikut AKIBAT SUKA SHOLAT DI UJUNG WAKTU Kisah seorang wanita yang lalai dalam sholatnya:  Para Malaikat menyeretnya melewati orang banyak, menuju ke arah api neraka yang menyambar-nyambar. Dia menjerit sekuat tenaga dan bertanya-tanya barangkali ada orang yang mampu membantunya.

Dia menjerit lagi sambil menyebutkan semua kebaikan yang telah dia lakukan; bagaimana dia sering membantu orangtuanya. Bagaimana dia tidak pernah tertinggal puasanya, tidak pernah meninggalkan shalatnya, selalu bersedekah dan rajin membaca al-Quran. Dia terus menjerit lagi, namun tidak  ada seorangpun yang tampil membantunya.

Para malaikat terus menyeret dia. Dan … mereka semakin dekat dengan kawah api neraka.

Dia menoleh ke belakang dan ini harapannya yang terakhir. Dia teringat … Tidak! Rasulullah SAW pernah bersabda: “Bagaimana bersihnya seseorang yang mandi di sungai lima kali sehari dari kotoran, begitu juga bersihnya orang yang melaksanakan shalat lima kali sehari dari dosa-dosa mereka”.

Dia menjerit lagi sekuat tenaga:

“Solat saya? Solat saya? Doa saya?”

Kedua malaikat tidak berhenti, dan terus menyeretnya ke tepi jurang neraka. Kembang api neraka yang membubung terasa menyambar mukanya. Dia menoleh ke belakang lagi, tapi matanya telah kering dari setiap harapan dan dia tidak memiliki apa-apa lagi yang tinggal di dalam dirinya. Salah satu malaikat menolak dia dan memasukan ke kawah neraka.

Dia mandapati dirinya terus melayang dan akhirnya jatuh ke dalam kawah api neraka yang menjulang tinggi selama 70 tahun.

Setelah 70 tahun sengsara dibakar api, tiba-tiba terasa tangannya diraih oleh satu lengan. Dia ditarik kembali ke atas. Ketika dia mengangkat kepalanya, dia melihat seorang pria yang sangat tua dengan jenggot putih yang panjang memegang tangannya. Pria itu kelihatannya sangat daif, Sambil menyapu debu di tubuhnya dia bertanya pada pria tua itu:

“Siapakah anda?”

Orang tua itu menjawab: “Akulah sholat anda”

“Mengapa kamu begitu terlambat bantu saya? Wahai shalatku, saya telah terjerumus ke dalam api neraka selama 70 tahun! Kenapa setelah tubuh saya hangus dan hampir hancur baru kamu datang selamatkan saya ? kenapa …?.” Orang tua itu tersenyum sambil menggelengkan kepalanya dan berkata: “Apakah kau lupa? Selama hidup di dunia dulu kamu selalu laksanakan saya pada saat-saat akhir !!”

“Setiap kali Maghrib kamu fokus pada sinetron tv dulu ..

“Dzuhur kamu lewat, kamu lebih mementingkan kerja daripada saya. Sholat ashar dan subuh juga selalu diujung waktu. “Kamu ingatkah itu semua ??”

Penjelasan pria tua itu mengejutkannya dari tidur …

Dia terjaga dan mengangkat kepalanya dari tidur. Seluruh tubuhnya basah oleh keringat ketakutan …

Ya Allah.. Aku mimpi…

Tapi seperti nyata ..

Ketika itu juga ia mendengar suara adzan di kumandangkan menandai masuknya waktu shalat ashar.

Dia bangun dengan cepat dan mengambil wudhu. Dia berjanji tidak akan melalaikan shalat lagi. Dia menyadari kesalahannya sekarang. Dia telah mendapat petunjuk yang maha benar.

Blog: http://www.pewarta.kabarindonesia.blogspot.com/ 


ig:raudhatulquran_parung
fb:@pp.raudhatulquran
wa:085292723752

Print Friendly, PDF & Email
Apa Hukumnya Shalat di Akhir Waktu ??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI