Assalamu’alaikum Wr.Wb.

 

Wahai sahabat Qur’an yang budiman semakin banyak waktu yg kamu habiskan dengan Al-Qur’an maka semakin banyak pula rahasia dan kekayaan makna yg diberikan nya kepadamu, dan setiap orang yg melazimi nya akan dibukakan untuk nya pintu dari pintu pintu Surga Allah.

Bertanyalah kepada para penghafal Al-Qur’an tentang kenikmatan ketika membaca Al-Qur’an. Sang guru akan bangga dengan mu ketika melihat mu bersungguh sungguh, tetapi apabila dia melihat mu bersedih, maka dia akan memegang hati mu dan mendoakan nya.

Menyendiri….

Sebagian dari manusia menganggap nya adalah penyakit psikologi yg membutuhkan terapi..!! Namun bagi para penghafal Al-Qur’an hal itu adalah kenikmatan yg membuat mereka meninggalkan keramaian manusia untuk mendapatkan kenikmatan dalam menghafal dan menyelami Al-Qur’an.

Dari keajaiban Al-Qur’an, menghafal dan melupakan nya sangat lah Mudah, agar dia tidak tersisihkan oleh yg lain nya maka jadikanlah ia kesibukan utama Mu, dan teman Mu selama nya, dan penghibur Mu di siang dan malam hari.

Di zaman yg telah banyak sekali tempat hiburan, dan semua hal yg berubah dengan cepat, dan fitnah dengan segala bentuk nya, maka kamu harus berjuang dengan keras untuk selalu berada bersama para penghafal Al-Qur’an.

ketika kamu membaca Al-Qur’an, carilah dirimu setiap kali engkau selesai membaca setiap satu ayat, kamu akan mendapatkan sesuatu yg memberikanmu petunjuk dan penolong bagimu, kamu akan menemukan obat yg menyembuhkanmu, dan kebahagiaan yg memecahkan kegelisahan Mu.

Betapa banyak air mata yg dihapus oleh Al-Qur’an, betapa banyak luka yg diobati oleh Al-Qur’an, dan betapa banyak ruh yg ditenteramkan oleh Al-Qur’an, betapa banyak penghafal Al-Qur’an yg berada pada kenikmatan yg agung, yang tidak dapat dirasakan oleh selain mereka.

Ketika kamu merasa berat menghafal satu surat dari Al-Qur’an maka ulangilah membaca nya dan rasakanlah berapa banyak pahala yg engkau dapatkan dari bacaanmu. Dan kamu akan mendapatkan tekad dan ketetapan hati yg kuat.

 

Selama kita bersama Al-Qur’an, maka Allah tidak akan pernah menyia nyiakan kita

Jangan sampai maksiat menjauhkanmu dari Al-Qur’an, karena sesungguh nya Demi Allah yang Maha Besar, tidak akan pernah Terpisah antara Al-Qur’an dan penghafal nya.

Siapapun yg datang kepada Al-Qur’an dengan segenap Jiwa dan Raga maka Al-Qur’an pasti mendatanginya.

Al-Qur’an sangatlah Mulia, tidak diberikan kepada siapa saja yg mencari nya dengan lesu dan malas,raihlah ia dengan sekuat tenaga

wahai engkau yg telah dikaruniakan oleh Allah dan diberikan kenikmatan dengan dijadikan nya dadamu menjadi tempat dititipkan nya Al-Qur’an

perbaikilah hafalan Mu, jagalah amanah ini…

maka sudah sepatut nya untuk setiap pembawa Al-Qur’an ini untuk tidak mengisi waktu nya kecuali dengan kebaikan.

Jangan sampai rasa bangga dengan keberhasilan hafalan melalaikanmu dari mengulang nya, Karena menjaga Al-Qur’an agar tetap di dadamu membutuhkan istiqamah dalam membacanya, terbangun bersamanya di keheningan malam merupakan suatu hal yang sangat dirindukan bagi para Penghafal Al-Qur’an.

Jangan putus asa sehingga menjadikan Mu berkata, ” aku tidak mampu melancarkan nya”. kesempatan berada di depanmu, dan kehidupan ini bersinar dengan indah.

hanya kokohkan pijakan Mu..

dan lanjutkan dengan cara Mu..

kamu pasti menemukan kemudahan.

Salah satu Ulama salaf bertanya kepada Murid nya, “apakah kaMu menghafal Al-Qur’an?

Murid : ” tidak”

Guru : “seorang Mukmin yg tidak menghafal Al-Qur’an ! dengan apakah ia merasakan kenikmatan ! dengan apakah ia bersenandung ! dan dengan apakah ia bermunajat kepada Pencipta nya!

Apabila engkau merasakan berat nya menyempurnakan wiridmu, maka ketahuilah bahwa terdapat dosa yg menetap di hatimu, maka bersihkanlah.

Sayyidina Utsman R.A berkata : “apabila hati kita telah bersih maka kita tidak akan pernah bosan dengan Al-Qur’an”

Jangan sampai engkau tersandung dengan banyak nya rintangan di jalan yg sedang kau lalui saat ini. sudah seharus nya rintangan itu hadir, dan sudah seharusnya kesabaran selalu menemani. bahkan dengan terus bersabar dan berjuang Insya Allah Allah akan memudahkan kita dalam menghafal.

Teruskan nasehat ini, semoga Allah senantiasa mengampunimu dan memudahkanmu dalam menghafal Al-Qur’an. Aamiin

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين

Print Friendly, PDF & Email
Untaian Nasehat Untuk Penghafal Al-Qur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI