Assalamu’alaikum sahabat qur’an.
Bagi sahabat yang ingin memulai untuk menghafal Al-Qur’an atau sedang menghafal tapi semangatnya kendor. Yuk baca captionnya!!!….
DUA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN BAGI YANG INGIN HAFAL AL-QURAN
1. Tidak ada ayat Al-Quran yang sulit dihafal
Surah al-Qamar ayat 17, misalnya, Allah Swt. bersumpah bahwa Al-Quran telah dimudahkan lafazhnya untuk dibaca dan dihafalkan, telah dimudahkan maknanya untuk difahami dan dihayati, dan telah dimudahkan isinya untuk diamalkan.
Alasan banyak orang yang tidak hafal Al-Quran bukanlah karena Al-Quran SULIT dihafal. Tetapi karena memang mereka TIDAK MENGHAFAL. Buktinya surah al-Fatihah semua hafal, karena memang menghafal.
Alasan banyak orang yang sedang menghafal Al-Quran sulit hafal bukanlah karena Al-Quran SULIT dihafal. Tapi karena memang tidak SUNGGUH-SUNGGUH menghafalnya.
Alasan banyak orang yang sudah hafal Al-Quran tidak lancar hafalannya bukanlah karena Al-Quran sulit dilancarkan. Tapi karena memang TIDAK DILANCAR-LANCARKAN.
2. Tidak ada hafalan Al-Quran yang awet
Orang yang belum mengalami menghafal Al-Quran mungkin belum tahu ini. Disangkanya menghafal Al-Quran itu bisa dilakukan dengan terus menambah hafalan lalu selalu ingat tanpa dimurojaah.
Rasulullah Saw telah bersumpah bahwa hafalan Al-Quran lebih cepat lepasnya dibanding unta dari ikatannya. Yakni Al-Quran punya karekter mudah hafal juga punya karakter mudah lepas.
Ali bin Abu Thalib adalah sahabat yang paling banyak ilmu dan hafalannya. Tapi ketika dihadapkan kepada hafalan Al-Quran dia mengadu kepada Rasulullah Saw karena mudah lepas.
Tidaklah aneh kalau ada orang yang menghafal Al-Quran lalu mengatakan: “Baru tadi atau kemarin hafal, sekarang sudah gak kebayang lagi.” Karena itulah sifat asli hafalan Al-Quran.
Allah Swt telah membuatnya sedemikian rupa agar selalu dibaca, dimurojaah, setiap hari, sebanyak dan sesering mungkin.
Bisa dibayangkan kalau Allah jadikan hafalan Al-Quran awet, pastinya banyak hafizh Al-Quran yang tak lagi baca-baca Al-Quran. Karena Al-Quran masih ada di dalam hatinya.
Semoga Bermanfaat
#raudhatulquranparung
#ayomondok
#pesantrenku_keren
Print Friendly, PDF & Email
Dua Hal Penting!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI