Hal-hal yang dapat menguatkan hafalan ialah dengan niat, memanfaatkan waktu, membaca Al-Qur’an /tilawah dan meninggalkan maksiat. Dikatakan, “Membaca Al-Qur’an dengan melihat Al-Qur’an (bukan hafalan) itu lebih utama.” Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, ”Amalan umatku adalah membaca Al-Qur’an dengan melihat.”

Hasil gambar untuk gambar al quran dan tasbih

Berikut Hal-Hal Yang Dapat Memperkuat Hafalan:

1. Selalu memperbaharui niat

Ketika melakukan hafalan Al-Qur’an, Anda harus selalu memiliki niat untuk menggapai ridha Allah, bukan yang lain. Jika niat Anda berubah seiring waktu berlalu maka perbaharui lagi, begitu seterusnya.

Sebab hati manusia adalah hal yang sangat mudah terombang-ambing sesuai dengan keadaan yang dihadapi. Jangan sampai Anda tergoda dengan bujuk rayu dunia untuk mendapatkan predikat pintar dan pujian dari orang lain. Hal tersebut akan mengakibatkan hafalan Anda menjadi lemah.

“Jadi, cara menguatkan hafalan yang pertama adalah dengan memurnikan niat dan selalu memperbaharuinya setiap saat semata-mata untuk mendapatkan ridha dari Allah.”

2. Mengatur waktu dengan baik.

Seorang penghafal Al-Qur’an harus pandai dalam mengatur waktunya. Anda harus menyediakan waktu yang khusus untuk menghafal dengan mengulang-ulang bacaan secara terus menerus.  Pengulangan hafalan tersebut harus dilakukan dalam waktu yang terus berkelanjutan. Hal tersebut adalah cara menguatkan hafalan Al-Qur’an yang harus dilakukan secara kontinyu.

Sebab, dalam haditsnya, Rasullullah SAW telah memperingatkan jika hafalan Al-Qur’an lebih cepat lepas dan hilang jika dibandingkan dengan seekor unta yang telah terikat dengan kuat jika orang tersebut tidak mengulang-ulang hafalan tersebut.

“Jagalah Al-Qur’an, demi Yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, Al-Qur’an itu lebih cepat lepas daripada seekor unta dari ikatannya.” (H.R Muslim)

3. Tilawah Al-Qur’an harian

Salah satu cara menguatkan hafalan Al-Qur’an adalah dengan membaca Al-Qur’an setiap hari minimal satu juz. Dengan begitu, maka Anda bisa mengkhatamkan Al-Qur’an dalam satu bulan.

Semakin sering dan semakin banyak Anda membaca ayat suci Al-Qur’an maka Anda akan semakin mudah dalam memperkuat hafalan Anda.

4. Menjauhi perbuatan maksiat

Cara menguatkan hafalan yang selanjutnya adalah menjauhi perbuatan maksiat. Orang yang berlumuran dosa dan kemaksiatan akan sulit menerima cahaya Al-Qur’an. Sebab dalam hatinya sudah tertutup dan tidak mudah menerima kebaikan dan ilmu.

Imam Syafi’i mengatakan “Aku mengadu kepada waki’ tentang buruknya hafalan ku, lalu iapun menasehatiku untuk meninggalkan maksiat,” sebab ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidak akan diberikan kepada orang yang melakukan maksiat.

Untuk itu, jika Anda ingin menguatkan hafalan maka sebisa mungkin untuk menghindari perbuatan maksiat yang menjauhkan Anda dengan Allah dan ilmu-Nya.

Menghafal Al Qur’an tidaklah seperti menghafal sebuah buku biasa. Mempertahankan hafalan Al Quran jauh lebih sulit daripada menghafalnya. Seorang penghafal Al Quran haruslah mengetahui hal-hal yang dapat mempercepat/hilangnya hafalan agar proses penghafalan dapat berhasi dengan baik. Faktor-faktor yang dapat menghilangkan hafalan Al Quran memiliki pengaruh yang berbeda-beda sesuai dengan kekuatan ingatan seseorang. Bisa saja hal-hal yang dapat menghilangkan hafalan dimaksud hanya sedikit berpengaruh pada orang yang sangat kuat ingatannya. Namun dapat disimpulkan secara umum bahwa beberapa hal yang dapat mengurangi kadar hafalan Al Qur’an seseorang adalah sebagai berikut :

Hal-Hal Yang Dapat Menghilangkan Hafalan:

1. Melakukan maksiat kepada Allah SWT

Hafalan Al Quran adalah hidayah dari Allah SWT dan hanya dapat menetap pada hati yang bersih. Oleh karena itu, hafalan Al Quran tidak  akan bertahan lama di hati orang-orang yang sering melakukan maksiat. Seorang penghafal Al quran haruslah menjaga hati dan seluruh panca inderanya dari hal-hal yang oleh Allah SWT.

2. Tidak istiqomah dalam mengulang hafalan

Ketidak konsistenan di dalam mengulang hafalan juga mempercepat hilangnya hafalan. Mengulang dengan sistem kapan saja tanpa memenuhi target, kadang banyak dan kadang sedikit adalah tidak baik. Penghafal Al Quran akan cenderung malas untuk mengulang. Hal inilah yang dapat menyebabkan hilangnya hafalan.

3. Terburu-buru dalam menambah hafalan

Terburu-buru ingin cepat dalam menambah hafalan Al Quran sementara hafalan yang sebelumnya belum lancar benar atau menetapkan target diluar kemampuan juga dapat menyebabkan hilangnya hafalan. Hal ini disebabkan karena hafalan yang tidak lancar benar adalah sangat rapuh. Karena itu, sangat penting untuk tidak mengejar kuantitas dalam menghafal tapi utamakanlah kualitas dengan tetap berpedoman pada target yang telah ditetapkan. Seorang penghafal Al Quran sebaiknya menambah hafalan hanya jika hafalan yang sebelumnya sudah lancar benar.

4, Mengganti-ganti mushhaf

Mengganti-ganti mushhaf juga akan melemahkan hafalan seseorang. Setiap mushhaf berganti maka posisi ayat akan berubah. Hal ini menyebabkan kesulitan bagi penghafal untuk membayangkan posisi ayat. Selanjutnya akan timbul kebimbangan pada saat melanjutkan akhir ayat dengan awal ayat berikutnya.

5. Sibuk dengan urusan dunia  

Orang-orang yang telah memiliki komitmen untuk menghafal Al Quran hendaklah tidak terlalu memberikan perhatian yang besar bagi urusan dunia. Hal ini adalah karena perhatian yang berlebihan tersebut akan menyebabkannya terabaikannya waktu untuk menghafal Al Quran. Kelalaian dalam menyisakan waktu menghafal Al Quran akan menyebabkan hilangnya hafalan yang telah ada.

ig:raudhatulquran_parung
fb:@pp.raudhatulquran
wa:085292723752

Print Friendly, PDF & Email
Hal-Hal Yang Dapat Memperkuat Hafalan dan Melemahkannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI