Connor McGovern Jersey  HANYA KEPADA ALLAH TEMPAT BERSANDAR KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK DIPEROLEH SETELAH MELALUI PERJUANGAN YANG BERAT

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An-Nahl : 97)

Buah kurma yang sangat manis rasanya ini, merupakan produk utama yang dihasilkan oleh pohon kurma. Sungguh sebuah karunia Allah yang besar,  walaupun pohon kurma berada di tempat yang jarang ada air dan bercuaca panas, tapi buah kurma manis sekali. Darimana nutrisi untuk membuat rasa manis itu diperoleh ? Sungguh, Allah maha tahu dengan seluruh ciptaan-Nya.

Saat puncak musim panas di jazirah arab yang terjadi setahun sekali, yaitu sekitar bulan Juni-Agustus, di periode inilah buah kurma bunga kurma matang siap untuk dipanen. Pada saat ini, suhu di gurun pasir bisa mencapai lebih dari 45 derajat celcius, yang menjadi puncak musim panas.

Pada bulan-bulan sebelumnya, sekitar bulan Maret – April, di saat terjadi pergantian musim dingin ke musim panas, di gurun pasir biasa terjadi badai pasir. Badai inilah yang menyebabkan terjadinya penyerbukan pada pohon kurma oleh angin. Hingga 3-4 bulan kemudian, buah kurma menjadi matang dan siap untuk dipanen.

Buah kurma yang manis dan kaya protein, mampu untuk bertahan lama. Buah inilah yang jadi sumber makanan bagi para pengembara gurun pasir dalam perjalanan jauhnya melintas gurun pasir. Bayangkan misalnya buah yang banyak air seperti buah jambu atau pisang, dibawa oleh pengembara gurun pasir, kemungkinan akan cepat busuk, tak tahan lama.

“…dan janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah, karena hanya orang-orang kafir yang berputus asa dari rahmat Allah.” (QS. Yusuf : 87)

Pohon kurma bisa tumbuh kuat karena memiliki akar pondasi yang kokoh. Kokoh karena mampu mendapatkan sumber air di tengah kondisi lingkungan yang ekstrem. Dalam kehidupan manusia, sumber kebenaran dan kekuatan yang utama dan akan mengokohkan pondasi kehidupan kita hanyalah Allah SWT.

Seperti pohon kurma yang akan tumbuh dengan begitu kuat dan kokoh hingga akhirnya mampu menghasilkan buah-buah kehidupan yang begitu manis saat usianya dewasa hingga masa tuanya.

Kuat, sabar, senantiasa yakin akan pertolongan dan rahmat Allah SWT, haruslah menjadi pondasi pertama dan utama yang harus dibangun terlebih dahulu. Pondasi ini ibaratnya akar dari pohon kurma, yang akan membantu kita untuk tetap tegar dalam menghadapi “tekanan” seberat apapun. Tentu saja pondasi yang kuat ini akan dapat kita raih jika kita memiliki ilmu agama yang juga kuat, sebagai cara kita untuk semakin dekat kepada Allah SWT.

Manusia adalah mahluk sosial, dan Allah SWT juga memerintahkan kita untuk menjaga silaturahmi untuk memperkuat kebutuhan dasar “bersosialisasi” ini. Keluarga, kerabat, teman dan relasi merupakan bagian dari akar kita, yang akan membantu kita melewati berbagai permasalahan dalam kehidupan. Manusia yang kurang bersosialisasi, lebih senang hidup individualis, maka akan lebih rentan dalam menghadapi kesulitan-kesulitan hidup yang menimpanya.

Sungguh maha bijaksana Allah dengan hasil ciptaan-Nya, semuanya sudah diatur sesuai ketentuan-Nya. Buah pohon kurma dengan rasa manis yang sangat kuat dan kaya protein, siap dipanen saat puncak musim panas. Dari pohon yang mengalami tempaan alam yang luarbiasa ekstrim, suhu sangat panas dan jarang air.

Hikmahnya dalam kehidupan kita, hakikat manisnya kehidupan akan terasa setelah perjuangan berat yang kita lalui. Kehidupan yang lebih baik bisa berupa kebahagiaan, rizki yang halal dan baik, kehidupan di surga maupun kenikmatan melakukan ibadah di dunia. Kesemuanya bisa kita dapatkan jika kita mau bersabar untuk terus istiqamah dalam melakukan amal shaleh, dan pastinya akan membutuhkan perjuangan yang sangat berat.

Print Friendly, PDF & Email
HANYA KEPADA ALLAH TEMPAT BERSANDAR KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK DIPEROLEH SETELAH MELALUI PERJUANGAN YANG BERAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI