Hijrah bukanlah perubahan menjadi sesosok alim ulama ataupun malaikat Namun hijrah adalah cara seseorang untuk menjadi seorang hamba yang ta’at Proses untuk memperbaiki dan memantaskan diri yang dimulai dari menutup aurat, Kemudian melaksanakan perintah dan laranganNya sesuai dengan syariat.Hijrah itu suatu proses yang teramat indah Hijrah tidak harus selalu secepat kilat Hijrah bisa dimulai dari merangkak, melangkah, berjalan, hingga akhirnya berlari Asalkan disertai dengan niat, dan keikhlasan dari dalam hati Tujuannya hanya satu, menggapai ridha dari Allahu Rabbi
Beberapa tips yang in syaa Allah bisa membantu untuk hijrah dijalan-Nya sebagai berikut :
1. Niat yang bulat Niat yang kuat dan keukeuh menjadi point penting dalam berhijrah dan beristiqomah. Insyaa Allah jika kita mempunyai niat yang keras maka godaan apapun akan kalah. Terus berdoa kepada Allah SWT agar kita selalu diberikan kekuatan untuk menjaga niat kita berhijrah. Allah Maha membolak-balikan hati manusia, jadi kita harus percaya.
2. Mencari lingkungan yang tepat
Ini juga salah satu hal terpenting ketika kita sudah memutuskan untuk berhijrah. Memilih teman dan lingkungan yang tepat! Yang bisa mendukung kita ke arah yang lebih baik bukan menjerumuskan kita ke hal yang tidak baik. Carilah teman-teman yang juga sudah atau sedang berusaha istiqomah menjaga hijrahnya.
3. Perbanyak baca Al-Qur’an dan artinya
Al-Quran salah satu penyejuk hati, dengan kita sering membacanya, secara tidak langsung otak dan hati kita menjadi lebih tenang. Selain itu di dalam Al- Qur’an kita bisa belajar banyak, mencoba membaca terjemahnya akan banyak sekali makna yang bisa kita ambil. Jangan lupa untuk mengamalkannya kedalam kehidupan sehari-hari.
4. Sering datang ke kajian muslim
Gak hanya badan yang butuh makan, tapi otak dan hati juga butuh asupan rohani. Nah ini salah satu cara untuk menguatkan iman kita. Sekarang sudah banyak banget
kajian-kajian muslim di setiap kota.
5. Perbanyak dzikir
Dzikir itu memurnikan akidah dan menebarkan sunnah. Dzikir mampu membuat hubungan kita dengan Allah SWT lebih dekat karena dalam setiap dzikir kita memanggil nama Allah.
Nah di awal-awal kita berhijrah pasti kita semangat banget plus istiqomah, akan tetapi setelah beberapa lama semangat kita kendor dan akhirnya tidak terjalankan. Sulit, sangat sulit sekali beristiqomah setelah berhijrah. Akan ada banyak ujian-ujian yang dapat menggoyahkan keimananmu dalam berhijrah baik dari faktor keluarga, lingkungan sekitar, sahabat dan banyak faktor lainnya. Imanmu akan diuji seberapa kuatnya kamu untuk tetap bertahan dalam kehijrah-an tanpa harus berpaling ke belakang lagi. Seberapa tangguhnya kamu dalam mempertahankan kehijrah-an mu saat cacian datang dari berbagai penjuru, sebab masalalumu begitu kelam. Jangan takut, jangan pernah takut. Selama niat dari hati ingin berhijrah, maka InsyaAllah jalanmu akan dipermudah oleh Allah. Banyak orang bilang HIJRAH ITU GAMPANG TAPI ISTIQOMAH YANG SUSAH Ya, benar sekali, berhijrah itu sangatlah mudah. Namun, dibalik kemudahan berhijrah ada satu hal yang menunggu dan menantimu yaitu istiqomah dalam kehijrah-an. Jadi jika kita sudah niat dari pertama ingin berhijrah maka dari itu kita yakin bisa istiqomah selamanya dan semua itu kita serahkan pada sang kholiq ( Allah SWT )
Firman Allah :
رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
Artinya : Wahai Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia). QS. Ali Imran ayat 8
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ
Artinya : Wahai Dzat yang Maha membolak-balikkan hati, tetapkanlah hati kami di atas agamaMu

NAMA : Siti Netti Sentri Yunisa
TTL : Sukamerindu, 22 Desember 1996
Status : Mahasiswi STEI SEBI Depok
Alamat : Jln.pondok rangga 1, RT/RW : 001/001
Email : nettisantri@gmail.com
Motto : Berjalan diatas rata-rata orang lain & An-Nur : 35

Print Friendly, PDF & Email
Hijrah Gampang, Istiqomah Susah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI