Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Apa kabar para pembaca yang dirahmati Allah SWT…?

Semoga dalam  keadaan sehat wal ‘afiyat. (Aamiin)

 

Pernah mendengar istilah Pondok Pesantren ?

Mungkin sebagian besar dari kita sudah tak asing mendengar istilah tersebut.Nah kali ini kami akan mengajak para pembaca semua membahas mengenai hal tersebut.

Jika berbicara mengenai Pondok Pesantren pasti halyang pertama kali terbesit dipikiran kita adalah Nyantri dan Santri.

Santri adalah sebutan untuk seseorang yang mengikuti pendidikan Ilmu Agama Islam di suatu tempat yang dinamakan Pondok Pesantren.

Banyak orang yang menganggap Pesantren itu adalah seperti halnya penjara, karena sangat banyak sekali peraturan-peraturan yang membatasi gerak para santrinya. Padahal sebenarnya, hal tersebut bukanlah sebuah batasan, namun sesuatu yang akan menjadikan para santri menjadi orang yang lebih baik lagi. Selain itu, dari keterbatasan itu banyak sekali kesan indah yang akhirnya bisa dilalui mereka.

Selalu ada kenangan indah yang dialami santri saat berada di Pesantren.

Kehidupan para santri memang terlihat berbeda jika dibanding remaja pada umumnya. Aturan pesantren yang sangat ketat membuat banyak sekali kenangan dan pengalaman yang tak mudah dilupakan.

 

Berbicara tentang santri memang tidak akan ada habisnya. Keseharian dan kebiasaan para santri juga berbeda dengan orang-orang pada umumnya, namun sangat menarik dan unik.

Tiada waktu tiada badai harus mereka lewati dalam  suka ataupun duka dengan senyuman karna terjalnya perjalanan hidup mereka .

Namun dengan begitu , mereka telah menduduki taman-tamannya para Syuhada’, mereka menduduki taman-tamnnya ahli Jannah karna di sanalah di bacakan Kalamullah dan Kalam RasulNya yang mulia .

Tiada kata yang cukup untuk mengungkapkan keindahan ini semua , karna itulah “Indahnya Nyantri dan Nikmatnya Menjadi Santri.

Siapa pula  yang tak ingin merasakan kenikmatan ini ?.

Ternyata jadi anak pesantren itu gak seburuk yang kamu pikirkan selama ini. Malahan ada banyak banget aktivitas yang gak akan kamu temuin ketika kamu sekolah dilingkungan umum. Selain mengasyikkan, juga seru dan pastinya banyak yang menantang. Karena kenyataannya kehidupan di Pesantren gak hanya berputar pada mengaji, atau menghafalkan kitab-kitab. Banyak banget hal seru lainnya yang akan membuat kamu gak nyesel jadi anak Pesantren.

 

Maka pada tulisan ini kami akan menjelaskan segelintir dari kenikmatan yang mulia ini .

 

  1. Nyantri , kewajiban seorang mu’min

Rasulullah SAW. bersabda :

“Menuntut ilmu  ( nyantri ) itu wajib bagi setiap muslim”( HR.Ibnu Majjah )

Dari hadist di atas , Rasulullah menegaskan bahwa menuntut ilmu bagi setiap muslim adalah wajib , karna tidaklah seorang muslim dapat menjalankan syari’at ini dengan benar kecuali dengan ilmu yang terdapat di dalam Al-qur’an dan as-sunnah .

 

  1. Nyantri adalah jihad yang utama

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata:

“Menuntut ilmu adalah bagian dari jihad di jalan Allah karena agama ini bisa terjaga dengan dua hal yaitu dengan ilmu dan berperang (berjihad) dengan senjata.Sampai-sampai sebagian ulama berkata, “Sesungguhnya menuntut ilmu lebih utama daripada jihad di jalan Allah dengan pedang.”Karena menjaga syari’at adalah dengan ilmu. Jihad dengan senjata pun harus berbekal ilmu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

مَنْ دَخَـلَ مَـسْجِـدَنَا هَـذَا لِيَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْلِيُعَلِّمَهُ كَانَ كَالْمُجَاهِدِ فِي سَبِيْل اللهِ، وَمَنْ دَخَـلَهُ لِغَيْرِ ذَلِكَ كَانَ كَالنَّاظِرِ إِلَى مَالَيْسَ لَهُ .

Artinya: “Barang siapa yang memasuki masjid kami ini (masjid Nabawi) dengan tujuan untuk mempelajari kebaikan atau mengajarkannya, dia ibarat seorang yang berjihad di jalan Allah. Dan barang siapa yang memasukinya dengan tujuan selain itu, dia ibarat orang yang sedang melihat sesuatu yang bukan miliknya.” (Muttafaqun ‘Alaih)

 

  1. Para makhluk memintakan ampunan bagi para penuntut ilmu .

Rasulullah SAW bersabda :

و ان العالم ليستغفر له كل شيء حتي الحيتان في الماء

“Dan sesungguhnya para makhluk memintakan ampunan bagi para penuntut ilmu sampai binatang-binatang yang berada di dalam air”.( HR. Abu daud Dan At-Tirmidzi )

 

  1. Jalan gampang menuju surga .

Rasulullah SAW. bersabda :

“Barang siapa yang menempuh suatu jalan dengan tujuan untuk menuntut ilmu , maka Allah akan mudahkan jalannya menuju surganya ‘’ (  HR. Bukhari )

dan sabdanya juga :

 

  1. Allah angkat derajat mereka di dunia akhirat .

Allah SWT. berfirman :

“Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat’’ ( QS.Al-mujadilah : 11 ).

Dan mereka lebih utama dari para ‘abid ( ahli ibadah ) . Mereka menuntut ilmu untuk mengangkat kebodohan pada diri sendiri dan mengangkat kebodohan orang lain , sedangkan para ahli ibadah , mereka hanya bermanfaat bagi diri mereka sendiri, dan para penuntut ilmu mulia bagaikan bulan purnama yang menyinari gelapnya malam , dan ahli ibadah bagaikan bintang-bintang yang bersinar di antara bulan .

Rasulullah SAW. bersabda :

“Keutamaan seorang penuntut ilmu dengan ahli ibadah bagaikan bulan yang berada di antara banyaknya bintang “(HR. abu dawud )

 

  1. Para pewaris Nabi .

Rasulullah SAW. bersabda :

“Seorang penuntut ilmu ialah para pewaris nabi , sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham , akan tetapi mereka mewariskan ilmu , barang siapa yang menganbilnya , maka ia mendapatkan bagiannya” (HR . Abu Dawud dan At-Tirmidzi ).

 

Selain kenikmatan yang sudah para pembaca baca tadi masih banyak kenikmatan yang lainnya. Diantaranya adalah

 

  • Hidup Nyantri Itu;Kamu akan Belajar Mengantri

 

Hal pertama yang akan kamu temui di pondok pesantren adalah mengantri. Coba aja bayangin di sebuah pondok pesantren yang besar hanya ada beberapa kamar mandi yang tersedia saja. Hmmm kira-kira berapa lama ya kamu harus mengantri nantinya. Gak hanya mandi, ketika melakukan apapun kamu harus bersabar dalam mengantri seperti mengambil air wudhu dll. Hal ini juga bisa menjadi bahan latihan kamu untuklebih bersabar.

  • Hidup Nyantri Itu; Diajarin Untuk Istiqomah

Yah seperti yang kamu tahu di Pesantren, ada banyak banget aturan ketat yang akan mengekang kamu. Dan kamu diwajibkan untuk melaksanakannya. Seperti bangun jam 3 malam, sholat tahajud, jamaaah, mengaji, sekolah dan hapalan, hingga tidur lagi jam 10 atau 11 malam. Semua aktivitas tersebut diharapkan dapat membuat kamu lebih disiplin dan istiqomah. Selain itu mengerjakan tugas pada waktunya. Biar ga nunda-nuda pekerjaan

 

  • Hidup Nyantri Itu;Saling Berbagi Khususnya Makanan

Di dalam pondok pesantren kamu harus saling berbagi dalam berbagai hal dengan teman-teman kamu. Karena di situ kamu tidak bisa hidup sendiri. Setiap saat kamu pasti akan dipaksa untuk berinteraksi dengan teman-teman yang baru kamu temui. Sehingga ketika kamu mempunyai sesuatu yang lebih misalnya makanan. Maka jangan ragu untuk mengajak temanmu makan bersama. Karena pelit itu hukumnya impossible ketika hidup di sebuah pondok pesantren.

  • Hidup Nyantri Itu; Belajar dengan Seorang Guru yang Berkharisma

Salah satu daya tarik Pesantren adalah Kiyayi yang mengajar atau mengasuh adalah orang yang berkharisma dan berkarakter. Kamu akan kagum melihat mereka walau hanya sekali bertemu. Walaupun banyak banget masalah yang kamu hadapi ketika tinggal di Pesantren. Namun, perasaan damai akan selalu menyelimuti hati kamu. Bahkan saking damainya tanpa kamu sadari, kamu akan lebih suka tidur ketika berada di Pesantren.

Pada akhir tulisan ini , kami akan menyampaikan sebuah do’a yang tak pernah di tinggalkan oleh Rasulullah SAW

                                                       

“Allahumma inni as aluka ‘ilman na fi’an wa rizqon thaiyyiban wa ‘amalan mutaqabbalan”.

“ Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepadamu ilmu yang bermanfaat dan rizqi yang baik dan amalan yang di terima ‘’ ( HR , ibnu majah )

Dan meminta kepada Allah dari ilmu yang tidak bermanfaat ,

Allahumma inni as aluka ‘ilman na fi’an wa a’udzubika min ‘ilman laa yanfa’”.

“ Ya Allah , sesungguhnya aku meminta kepadamu ilmu yang bermanfaat dan aku berlindungdarimu ilmu yang tidak bemanfaat”.

 

Sekian dari paparan tentang indahnya nuntut ilmu , berbagai kemuliaan kan di dapat ridho pun mudah tuk di gapai .

Semoga Allah senantiasa melimpahkan taufiknya kepada kita agar kita bisa menuntut ilmu dan mengamalkannya .(Aamiin)

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

***

 

Print Friendly, PDF & Email
Indahnya Nyantri Dan Nikmatnya Menjadi Santri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI