Connor McGovern Jersey  Jangan Ada Permusuhan Diantara Kita

Assalamu’alaikum Sahabat Quran..

Bagaimana Kabar hari ini? Semoga kita makin cinta rindu dan sayang ya sama Al Quran,,, Daann ngga kerasa yaa sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh keberkahan, Bulan yang penuh Rahmat, ya tentunya bulan yang Mulia.

Tau ngga sih di jaman yang luar biasa ini. Masih jaman buat musuhan gara-gara hal kecil. Plis deh ini bukan jamanya Kolonial Belanda atau jaman yang bikin kita jaga jarak. Oke jaga jarak boleh namun ada adabnya dong.

Jangan sampai hanya karena kecerobohan pembajakan yang disengaja, sering dijailin dan mikin hati ngga nyaman kita putus persaudaraan. Pasti kesel dan ngga nyamalah tentunya. Terlebih kitakan para penghafal Quran. Masa iya kita berlaku tidak adil terhadap sesama muslim. Memaafkan dan menasehati misalnya. Kadang ada rasa gengsi buat minta maaf duluan. Wajar-wajar aja buat kita yang sedang hijrah. Namun bakal jadi PERANG DUNIA untuk kesekian kalinya diantara sesama muslim. hiihhh,, kan ngeriiii..yaaaa.

Daannnn juga “Tidak bertegur sapa atau memutuskan hubungan dengan sesama muslim tidak dibolehkan LHOH”.

Dalam hadits Rasulullah SAW bersabda…

لا يحل لرجل أن يهجر أخاه المسلم فوق ثلاث ، يلتقيان فيعرض هذا ويعرض هذا وخيرهما الذي يبدأ بالسلام (رواه البخاري، رقم  5727  ومسلم، رقم 2560 )

“Tidak halal bagi seseorang apabila ia memutuskan hubungan dengan saudaranya sesama muslim melebihi tiga hari, keduanya saling bertemu namun saling mengacuhkan satu sama lain dan yang terbaik dari keduanya adalah yang memulai menegur dengan mengucapkan Salam.” (Hadits Riwayat AI  Bukhari, no. 5727  dan Muslim, no. 2560)

Terlebih lagi saudara yang sedang diputuskan ini nih adalah seorang mukmin atau mukminah yang sangat dekat dengan kita, bisa jadi dia adalah saudara, keponakan, paman, saudara sepupu maka sesungguhnya memutuskan hubungan dengan mereka dalam hal ini sangat besar dosanya. Kecuali jika mereka ini dalam kondisi bermaksiat kepada Allah maka memutuskan mereka dikategorikan sebagai kemaslahatan sekiranya bertujuan agar dia menghentikan kemaksiatannya, dalam hal ini tidak bertegur sapa dibolehkan karena masuk dalam kategori menghilangkan kemungkaran.

Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam bersabda :

من رأى منكم منكراً فليغيّره بيده ، فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك أضعف الإيمان (رواه مسلم، رقم 49 )

“Barangsiapa diantara kalian yang melihat kemungkaran maka hendaklah dia merobahnya dengan tangannya, apabila dia tidak mampu merobah dengan tangannya maka dengan lisannya, dan apabila tidak mampu merobah dengan lisannya maka dengan hatinya, dan yang demikian itu adalah selemah-lemahnya keimanan” (Hadits riwayat Muslim, no. 49 ).

Manusia tuh tempatnya salah dan khilaf. Sering ceroboh dalam beberapa hal. Namun akanksh kita akan salah dan khilaf untuk selamanya? tidak mungkinkan…. Kadang kita merasa orang lain tidak ada baiknya, namun kita kadang ngga merasa bahwa kita tuh baik ngga sih sama orang. Nah pasti kita pernah gitu, ya yang pernahlah pastinya.

Dan yang patut kita lakukan jika saudara kita melakukan dosa dan hal-hal yang haram, menyakiti, menyinggung kita segera menasehatinya dan menjelaskan tentang keharaman dan mudhara tapa yang telah dia lakukan dengan menerangkan bahwasannya hal semacam ini tidak dibolehkan kemudian mengingatkannya kepada Allah. Jadi dengan cara mendiamkan saudara kita tidak akan menyelesaikan masalah. Karena, ya, yang ada hanyalah su’udzon dan keburukan-keburukan dari setan yang akan bermunculan. Jadi sayang dong hafalan yang udah kita hafal,usaha yang udah kita usahain mati-matian sia-sia gitu aja. Ngga maukan dong ya.

WHAT DO YOU MIND?

Dann mulai sekarang kita harus saling berteman oke.. sip.

Print Friendly, PDF & Email
Jangan Ada Permusuhan Diantara Kita
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI