Pasti! kita semua punya masalah. Kita semua punya problem, baik problem keluarga, kesehatan, finansial atau penyakit kepribadian yang susah disembuhkan. Semua orang, baik rakyat kecil apalagi konglomerat, baik kiyai apalagi orang awam, pasti dan pasti memiliki masalah.

Ada orang yang mapan secara ekonomi, tetapi memiliki masalah dengan pasangan. Ada lagi yang bersama pasangannya baik-baik saja, tetapi diuji oleh Allah lewat finansial, yang serba pas-pasan (pas butuh, pas nggak ada). Yang lain lagi tidak ada masalah dengan kedua-duanya, tetapi diberi cobaan pada kesehatan.

Ada si fulan tidak memiliki masalah dalam keluarga, finansial, atau kesehatannya. Tetapi, dia diuji dengan lingkungan kerja, atau tetangga yang kurang bersahabat. Setiap hari selalu ada problem. Ya begitulah kondisi setiap manusia. Baik laki atau perempuan, tua-muda, mukmin-kafir.

Nah, al-Qur’an mengajari kita bahwa semua masalah tersebut kembalikan kepada Allah. Lapor dan sampaikan kepada pemilik jagat semesta ini. Curhatlah kepada Dzat yang telah mendesain manusia beserta problem-problem yang mereka miliki. Mengadulah kepada Ar-Rahman, yang selalu menebar kasih sayang kepada setiap makhlukNya. Ceritakan kepada Dzat Yang Maha Pemaaf atas setiap kealpaan yang dilakukan oleh hamba-hamba-Nya.

Dialah tempat meminta segala sesuatu. Dialah seharusnya menjadi pelarian kita, atas setiap masalah yang kita hadapi. Ya Dia lah Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Allah-lah yang memberi, memaafkan, mengampuni, memecahkan masalah, dan segala-galanya. Itulah ‘kesibukan’ Allah.

يَسْأَلُهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِي شَأْنٍ (29) فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

“Semua yang ada di langit dan bumi selalu meminta kepadaNya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan, Maka nikmat Rabb-mu yang manakah yang kamu dustakan?” (Qs. Arrahman: 29-30)

Para ulama mengatakan, kesibukan Allah SWT setiap hari adalah; mengabulkan permintaan orang-orang yang meminta, memudahkan orang-orang yang kesusahan, membantu orang-orang yang memiliki kebutuhan mendesak, dan mengampuni dosa.”

Ya itulah kesibukan Allah. Kesibukan it, semuanya untuk kebaikan hamba-hambaNya. Jika, Anda bersedih, Anda punya masalah, larilah menuju Allah SWT. [فَفِرُّوا إِلَى اللَّهِ ] “Berlarilah menuju Allah SWT.” (Qs. Adz-Dzariyat: 50). Semoga Allah memberi kemudahan kepada kita semua. Aamiin Ya Robb!!. *(Akrom Syahid)

AL-FATH

Print Friendly, PDF & Email
Jangan Putus Asa, Mintalah Kepada Allah !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI