Assalamualaikum sahabat Qur’an
Gimana Puasanya hari ini?? Semoga lebih semangat dari hari kemarin ya….
Dan semoga Allah terima puasa kita dari awal sampai akhir *Aamiin

Kenapa orang puasa mulutnya bau?? Ayoo kenapa yaaa???

Puasa memang bisa memberi banyak manfaat salah satunya ialah bagi kesehatan, tetapi juga tak bisa lepas dari situasi buruk yang melekat dari aktivitas puasa, salah satunya adalah bau mulut.

Apa saja sebenarnya penyebab bau mulut? Bagaimana beberapa faktor penyebab ini bisa bekerja menyebabkan bau mulut? Kadang beberapa pertanyaan ini timbul dalam benak banyak orang khususnya kita yang sering beraktifitas diluar pasti agar terganggu jika berbicara dengan orang yang mulutnya bau atau mungkin mulut kita sendiri yang bau.

Apa Sebenarnya Penyebab Bau Mulut?

dari Mega Answers!, bau mulut (halitosis atau fetor oris) disebabkan karena beberapa hal, seperti penyakit periodontal (penyakit pada gusi dan struktur lain yang mendukung gigi), gigi palsu yang tidak pas, kurangnya kebersihan mulut, aktivitas metabolisme bakteri dalam plak, pembusukan makanan yang menghasilkan sulfida (protein), dan lain sebagainya.

Ada 3 faktor utama yang bisa menyebabkan munculnya bau mulut saat berpuasa. Pertama, sinus di hidung. Kedua, kondisi mulut termasuk gigi, karang gigi, gigi bolong, lidah, sariawan, dan infeksi jaringan lemak. Sedangkan ketiga, kondisi di bawah mulut, yaitu paru-paru dan saluran pencernaan,” tutur Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKgA (K), PhD, spesialis kedokteran gigi anak.

Dan ternyata beberapa jenis makanan dan minuman juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Anda sebaiknya mengurangi asupan makanan penyebab bau mulut seperti bawang putih dan bawang merah termasuk bawang bombay mentah, alkohol, durian, beragam jenis makanan beraroma tajam seperti pete dan jengkol serta kopi, rokok dan teh.

Khusus untuk kopi, rokok dan teh, ternyata kedua jenis minuman ini memiliki kecenderungan untuk menyisakan plak pada mulut, seperti pada gigi, gusi dan lidah. Plak ini berupa rona kecoklatan yang membungkus gigi , gusi atau lidah. Plak ini menyisakan aroma khas pada mulut yang bila terpapar bakteri akan menimbulkan bau mulut yang sulit diatasi.

Sejumlah sayuran dengan kadar sulfur tinggi seperti brokoli, asparagus, daun sawi hijau dan jenis sayuran hijau pekat lain juga bisa memicu terjadinya bau mulut. Pada dasarnya bakteri dalam mulut memproduksi sejenis senyawa kimia serupa sulfur. Ditambah dengan sulfur yang tertinggal pada mulut dari sisa makanan yang diasup, maka akan menimbulkan interaksi dengan senyawa alami bakteri dan menjadi penyebab bau mulut.

Lantas mengapa ada juga orang berpuasa yang tidak memiliki masalah bau mulut? “Orang yang berpuasa tapi tidak bau mulut berarti tidak memiliki 3 masalah tadi. Tidak ada sinusitis atau penyakit hidung, giginya sehat, daya pencernaannya bagus, dan tidak ada infeksi paru-paru,” ujar Prof Heriandi

Mencegah Bau Mulut Muncul Selama Puasa

Pastikan kita menyikat gigi dan lidah tepat selepas sahur. Ini membantu menyingkirkan sisa makanan sehingga mengurangi terjadinya interaksi sisa makanan dan bakteri.

Selain itu banyaklah minum air putih dan jangan lupa untuk berkumur sebanyak 5 kali sehari sebelum dan sesudah puasa bisa membantu meringankan aroma mulut. Pada saat berkumur, senyawa sulfur turut terbuang bersama dengan air dan ini membantu meringankan aroma dalam mulut. Sekaligus membantu menyingkirkan plak, sisa makanan dan beberapa kelebihan bakteri yang menjadi penyebab bau mulut.

Benarkah Bau Mulut Orang Berpuasa Lebih Harum dari Kasturi???

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.” (HR. Bukhari no. 1894 dan Muslim no. 1151)

Khuluf yang dimaksud dalam hadits adalah berubahnya bau mulut orang yang berpuasa dikarenakan ia menjalani puasa.

Ada dua alasan kenapa sampai bisa bau mulut orang yang berpuasa bisa dibalas seperti itu:
1. Amalan puasa itu adalah rahasia antara hamba dengan Allah. Karena itu rahasia yang ia sembunyikan, maka Allah pun membalasnya dengan menampakkannya dengan bau harum di antara manusia di hari kiamat.
2. Bekas ketaatan yang berakibat tidak enak bagi jiwa di dunia, bekas seperti itu akan dibalas dengan sesuatu yang menyenangkan pada hari kiamat. Artinya, bau mulut yang tidak enak akan dibalas dengan bau yang wangi karena hal itu muncul dari amalan ketaatan pada Allah di dunia. (Lihat Lathoiful Ma’arif, hal. 286-288).

Dari Khabab RA, Rasulullah SAW telah bersabda “Bila kamu berpuasa maka bersugilah (gosok gigi) kamu di waktu pagi, dan janganlah kamu bersugi di waktu petang, karena sesungguhnya tiadalah bagi orang puasa yang kering kedua bibirnya, melainkan akan jadi cahaya antara kedua matanya di hari kiamat,” (HR. Daru Quthi dan Baihaqi-Fiqih Syafi’iyyah 1: 488).

Ibnu Rajab rahimahullah berkata,

كُلُّ شَيْءٍ فِي عُرْفِ النَّاسِ فِي الدُّنْيَا إِذَا انْتَسَبَ إِلَى طَاعَتِهِ وَرِضَاهُ فَهُوَ الكَامِلُ فِي الحَقِيْقَةُ

“Segala sesuatu yang dianggap kurang di dunia menurut pandangan manusia namun jika itu didapati karena melakukan ketaatan pada Allah dan mencari ridha-Nya, maka hakekatnya kekurangan tersebut adalah kesempurnaan (di sisi Allah).” (Lathoiful Ma’arif, hal. 288).

Setiap kesusahan dan rasa capek yang timbul karena ketaatan akan berbuah manis di akhirat kelak. Semoga kita tidak patah semangat dalam beramal lebih-lebih lagi di bulan Ramadhan Dan semoga setelah ramadhan ibadah kita lebih meningkat lagi ya teman-teman…..

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Kenapa Orang Puasa Mulutnya Bau???
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI