indahnya hidup bersama Al Qur'an

 

Bagaimana menghafal Al-Quran dalam waktu singkat? sebelumnya kami ingin bertanya apakah yang menjadi tuntutan terealisasinya berbagai tujuan ?

untuk merealisasikan sebuah tujuan diperlukan adanya dua faktor penting. Diantaranya:

  1. Kesungguhan, tekad, dan kegigihan

  2. Potensi

  3. Berteman dengan orang sholeh

Jika perlu, ditambah faktor lain yang tidak kalah penting yang dapat membantu terealisasinya berbagai tujuan dengan mudah dan cepat, yakni berteman dengan orang shalih dan orang-orang yang mendukung tercapainya tujuan kita. Setelah itu, hendaknya kita berpikir bagaimana cara untuk merealisasikan tujuan kita.

Dengan izin Allah Yang Maha Kuasa melalui artikel yang kami sampaikan, ada beberapa cara yang dapat membantu kalian untuk menghafal satu halaman Al-Quran hanya dalam waktu 10-12 menit. Janganlah kalian merasa bahwa hal itu mustahil! Dengan izin Allah, kalian akan membuktikan bahwa hal ini mungkin diwujudkan.

Sekarang, marilah kita melakukan kalkulasi sederhana. Jika satu halaman dihafal selama 12 menit, berarti kalian dapat menghafal sebanyak 5 halaman dalam 1 jam.

Anda mungkin bertanya-tanya, “bagaimana bisa?”

Ya tentu, dengan izin Allah kalian pasti bisa. Kita hanya butuh meluangkan waktu 4,5 jam dalam setiap harinya. Kami yakin bahwa hal ini memungkinkan. Bahkan, kita mampu mengatur waktu sebaik-baiknya. Jangan kalian katakan, “apakah kita harus menjauhi dan meninggalkan hobi kita?”

Kami katakan kepada kalian, “Sesungguhnya waktu menghafal ini akan menjadi waktu yang amat pendek bagi kalian”

Bukankah ketika kalian sedang mengikuti ujian, kalian melupakan tidur dan makan; serta meninggalkan semua kesenangan dan perhatian kalian guna mengulang-ngulang pelajaran, sehingga kalian pun berhasil lulus dan meraih nilai tertinggi. Lantas, apakah ujian itu lebih penting daripada kedudukan kalian dihadapan Allah? Apakah kalian tidak ingin mendapatkan kedudukan tertinggi disisi Allah? Apakah kalian tidak ingin menjadi salah seorang yang akan dikatakan kepadanya, “Bacalah dan naiklah (menuju tingkatan-tingkatan surga).

Rasulullah Saw bersabda:

“(pada hari kiamat nanti) akan dikatakan kepada ahli Quran, ‘Bacalah ! Naiklah (menuju tingkatan-tingkatan surga) dan bacalah dengan tartil, sebagaimana engkau membacanya ketika di dunia! karena sesungguhnya tempat kedudukanmu berada pada akhir ayat yang engkau baca”. (Hadits Hasan Shahih, Shahih Sunan Abu Dawud 1464 dan Shahih Sunan Tirmidzi 2914)

Sekarang mari kita kembali melalukan kalkulasi.

Apabila kalian mampu meluangkan waktu 4,5 jam setiap hari, maka dengan izin Allah, kalian akan mampu menghafal 5 halaman dalam satu jam. Dengan begitu,

“Setiap harinya kalian akan mampu menghafal 5 halaman x 4,5 jam= 22,5 halaman”

Karena mushaf Al-Quran kira-kira berjumlah 604 halaman, berarti kalian mampu menghafal Al-Quran seluruhnya dalam jangka waktu kira-kira 27 hari dengan izin Allah.

Ya, 27 hari. bisa kita katakan, kira-kira 1 bulan. Apakah kalian katakan mustahil!. kami katakan, “tidak ada yang mustahil bagi Allah”.

Sebagaimana telah diketahui, ketika anda bersama Al-Quran, maka ketika itu pula kalian bersama Allah. Lantas, bagaimana cara agar menghafal Al-Quran hanya dalam satu bulan? inilah yang berusaha kami wujudkan dalam artikel ini.

oleh karena itu, hendaknya kita berusaha mewujudkan tujuan kita yang mulia ini dengan memenuhi faktor-faktor yang telah kami sebutkan sebelumnya, dan memastikan diri bahwa semuanya kita penuhi. Faktor tersebut adalah :

  1. kesungguhan, tekad, dan kegigihan

  2. Potensi (kemampuan).

  3. Berteman dengan orang yang shalih dan mendukung usaha kita.

Sekian, semoga bermanfaat…

Print Friendly, PDF & Email
Mampu Menghafal Al-Quran Dalam Waktu Singkat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI