https://tahfidzraudhatulquran.com/mengatasi-malas-murojaah-menghafal/

Sahabat Qur’an….
Gimana kabarnya hari? Pasti baik-baik aja kan
Semoga kita makin dekat, cinta, rindu saat jauh dari Qur’an
Gimana? Sudah baca Qur’an hari ini????

Saahabatku..
Teruntuk kamu yang sudah hafal Qur’an, baik hafal semuanya atau sebagiannya…. Seringkali kita sering merasa malas saat ingin menghafal/murojaah, Nah sebenarnya yang bisa mengalahkan rasa malas itu adalah diri kita sendiri. mulai dari melakukan hah-hal yang sederhana yang bisa membalikan rasa malas kita menjadi semangat kembali. Berikut adalah tips-tips versi santri RQ :

  1. Rasa kantuk
    Jika penyebab kita malas menghafal atau murojaah karna kantuk. Mungkin ngantuk adalah suatu kewajaran yang sering menyerang kita terutama penghafal Qur’an karena kegiatan kita sehari-hari adalah menghafal dan memurajaahnya jadi sangat wajar jika kita sering merasa ngantuk. Apalagi ditambah dengan kegiatan lainnya yang membuat mata kita lelah. Namun hal ini dapat kita hindari dengan cara :
    – Berlari-lari kecil
    – Membuat teh/kopi panas
    – wudhu/sekedar cuci muka
    – Merendam kaki kita kedalam bak kecil
    – Meminta teman untuk mencubit kita
  2. Merubah posisi duduk
    khususnya saat kita sedang murojaah. Terlalu lama duduk juga bisa membuat kita pegal-pegal. Dalam hal ini kita bisa mencoba berdiri  atau berjalan untuk menghilangkan pegal-pegal. Hindarilah posisi berbaring sebab hal ini dapat membuat kita tertidur lelap.
  3. Berpindah ruangan
    berpindah dari tempat satu ke tempat yang lainnya juga mempengaruhi kita saat sedang menghafal/murojaah lho. Karna memungkinkan kita cepat bosan. Maka sebaiknya kita berpindah tempat yang tadinya menghafal di saung berpindah ketaman, kebun, atau kolam.  Namun jangan sekali kali kita mencoba menghafal didalam kamar karena akan dapat mengundang rasa kantuk dan menyebabkan anda ingin tidur.
  4. Menyendiri
    menghafal sendiri lebih baik dibandingan dengan menghafal berdua, apalagi bertiga karena dikhawatirkan jika menghafal berdua akan ada terjadinya percakapan yang membuat waktu menghafal kita habis.
  5. Memilih tempat yang sunyi
    Biasanya kita memilih menghafal di kebun karna jarang para santri yang memilih menghafal dikebun jadi ruangannya tidak terlalu berisik dipenuhi oleh para santri yang juga sibuk menghafal.  Nah ! tempat yang sunyi sangatlah berpengaruh karna membuat kita mudah fokus.
  6. Mencari kegiatan
    Nah !!! Jika kita sedang malas menghafal maka jangan dipaksakan,  karna menghafal saat sedang malas akan menjadi hal yang sia-sia dan tidak ada hasilnya. maka jika kita sedang malas menghafal kita bisa mengubahnya dengan tilawah, murojaah, atau membaca buku tenang motivasi penghafal al Qur’an atau buku yang bisa membangkitkan semangat seperti buku-buku motivasi.

Jika cara diatas tidak ampuh juga. maka ingatlah sabda Nabi shalallahu alaihi wasallam :

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) al-Qur’an nanti, ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya! Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).

Kedudukan yang bertingkat-tingkat di surga nanti tergantung dari banyaknya hafalan seseorang didunia dan bukan tergantung pada banyaknya hafalan saat ini. Yakin masih malas murojaah???

Inilah Tips-Tips yang biasa dilakukan oleh santri Raudhatul Qur’an. Semoga bermanfaat.

 

Print Friendly, PDF & Email
Mengatasi Malas Murojaah atau Menghafal

Satu gagasan untuk “Mengatasi Malas Murojaah atau Menghafal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI