Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan. Selain ibadah puasa di siang hari, kaum muslimin dapat menikmati keindahan tadabbur dan tilawah al-Qur’an di malam hari. Dengan merenungkan ayat-ayat Al – Qur’an itulah ketenangan jiwa akan didapatkan. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Ingatlah, bahwa dengan berdzikir kepada Allah maka hati akan menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28). Sebagian ulama menafsirkan bahwa yang dimaksud dengan berdzikir kepada Allah dalam ayat ini adalah Kitab-Nya. Yaitu, tatkala seorang mukmin mengetahui kandungan hukum dari ayat-ayat Allah yang menunjukkan kepada kebenaran maka hatinya pun merasakan ketentraman. Sebab hatinya tidak bisa merasakan ketentraman tanpa ilmu dan keyakinan, sementara ilmu dan keyakinan itu bisa diperoleh dengan memperhatikan Kitabullah tersebut (lihat Taisir al-Karim ar-Rahman, hal. 418 cet. Ar-Risalah)

Ramadhan disamping bulan untuk berpuasa dan qiyamullail dia juga merupakan bulannya Al-Qur’an, padanya Allah ‘azza wa jalla menurunkan Al-Qur’an dan pada bulan ini pula Rasulullâh shalallahu ‘alaihi wasallam saling memperdengarkan Al-Qur’an bersama Jibril ‘alaihis salaam

“Dari Ibnu Abbas t berkata: Rasulullâh shalallahu ‘alaihi wasallam adalah orang yang sangat dermawan dengan kebaikan terlebih pada bulan Ramadhan karena Jibril senantiasa menemui beliau tiap malam pada bulan Ramdhan hingga Ramadhan usai untuk memperdengarkan Al-quran kepada Jibril, dan saat Jibril menemui beliau, beliau lebih dermawan dibanding angin yang bertiup.” [HR Bukhari no. 1902 Muslim no. 2308].

Maka sebuah anugrah yang amat besar tentunya, apabila pada bulan yang agung ini Allah ‘azza wa jalla berkenan memberikan taufiq kepada kita untuk bisa maksimal membaca serta menghafal Al-Qur’an sebagai bentuk sikap tauladan kita kepada Nabi kita Muhammad SAW.Saudaraku seiman, ketahuilah diantara kebaikan yang akan engkau peroleh dari kebaikan yang sangat banyak dalam Al-quran yaitu gelar sebagai mausia terbaik dan mulia akan engkau sandang. Rasulullâh shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sebaik baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” [HR. Bukhari no. 5027].

Adapula manfaat dalam membaca, mempelajari,  dan mengamalkan  Al Quran, diantaranya adalah :

  1. Dari tiap ayat Al Quran yang dibaca mengandung 10 kebaikan di dalamnya.
  2. Al Quran sebagai pedoman hidup manusia untuk menuntun kepada jalan kebaikan, kebenaran dan keselamatan.
  3. Al Quran sebagai penyejuk hati bagi siapa saja yang membacanya.
  4. Al Quran mampu memotivasi diri dan pemberi semangat.
  5. Al Quran sebagai sebuah peringatan besar dan teguran akan sifat dan perilaku manusia.
  6. Al Quran sebagai pelebur segala emosi dan amarah yang mampu mendamaikan dan memberi ketenangan yang tidak dapat dilukiskan atau digambarkan seperti halnya yang terjadi pada Sayyid Quthb Rahimakumullah.
  7. Al Quran sebagai sarana komunikasi diri dengan Allah SWT.
  8. Al Quran sebagai pengingat akan kebesaran Allah SWT.
  9. Dalam sebuah janjiNya, Allah SWT berjanji akan memberikan segala kebutuhan dan mencukupi segala kehidupan manusia di dunia dan di akhirat serta mengangkat derajat manusia meski di dunia hidup penuh dengan segala kekurangan.
  10. Al Quran akan menjadi pelindung diri bagi siapa saja yang membacanya dari tiap ayat yang dibacanya.
  11. Al Quran bagi siapa saja yang memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari akan semakin bertambah ilmunya.
  12. Siapa saja yang mempelajari dan memahami Al Quran bagaikan menyelami luasnya samudera kehidupan dan menikmati anugerah kehidupan yang dirasakannya serta mengambil segala hikmah dan manfaat dari Al Quran.
  13. Seseorang yang rajin membaca Al Quran memiliki jiwa yang sejuk, penuh dengan kesabaran, hati yang jernih, jiwa dan pikiran yang lapang, dan wajah yang bercahaya.
  14. Menjadikan seorang yang kreatif, penuh motivasi dan inovatif.
  15. Membuat manusia semakin dekat dengan Sang Maha Pencipta Dunia dengan segala isinya.
  16. Membuat seseorang menjadi bersyukur dengan segala nikmat-Nya.
  17. Terhindar dari segala kecemasan, kekhawatiran, rasa pesimis, kesedihan, selalu penuh dengan harapan dan kegembiraan.
  18. Selalu mendapat jalan kemudahan, kebaikan dan petunjuk serta mengingatkan diri dari hal-hal yang dilarang-Nya.
  19. Bagi seseorang yang membaca dan mengamalkannya, merasakan senantiasa dalam setiap langkahnya selalu dilindungi oleh Allah SWT.
  20. Sebagai pelebur dosa, yang mengingatkan manusia akan dosa-dosa dan mencegah dirinya kembali dalam dosa.
  21. Memperkuat keimanan, ketaqwaan dan penjagaan diri.
  22. Memudahkan segala rizki.
  23. Sebagai pintu keberkahan bagi siapa saja yang membacanya.
  24. Dijadikan sebagai manusia yang terbaik.
  25. Akan dikumpulkan bersama para Malaikat Allah.
  26. Sebagai syafa`at dan penyelamat di Hari Kiamat.
  27. mendapatkan segala kenikmatan yang tiada batasnya.
  28. Sebagai ladang pahala.
  29. Untuk Kedua orang tuanya mendapatkan mahkota dan kenikmatan surga.
  30. Mendapatkan kenikmatan Syurga dan di penuhinya segala apa yang diinginkan.

Mungkin ketika di dunia hidup dalam serba keterbatasan dan kekurangan, karena rajin membaca serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, menjadikannya sebagai pribadi yang tangguh, taat dan menjalankan perintah dan laranganNya. Niscaya akan mendapatkan kenikmatan luar biasa yang tidak pernah di dapat ketika di dunia.

Masih banyak manfaat dan keutamaan lainnya dari membaca Al Quran yang bila kita mengilhami dan terus mempelajarinya tak akan mampu menghitung berapa banyak manfaat dan anugerah serta nikmat yang telah diberikan-Nya.

 

Print Friendly, PDF & Email
Menyambut Ramadhan Bersama Qur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI