Menghafal merupakan aktifitas mengingat sesuatu yang pernah terjadi, dibaca, dilihat atau dijumpai. Bagi seorang santri, menghafal menjadi satu keharusan, tetapi tidak semua memiliki kemampuan menghafal yang baik.

Ada pula orang yang sudah berhasil menghafal sesuatu tetapi cepat lupa terhadap hafalannya. Untuk itu ada baiknya membaca tips dari ulama yang tercantum dalam kitab mereka berikut ini.

Didalam kitab Durratu al-Nashihin hal. 15 terdapat keterangan sebagai berikut :

من اراد أن يحفظ العلم فعليه ان يلازم خمس خصال : الأولى صلاة الليل ولوركعتين , والثانية دوام الوضوء , ولثالثة التقوى في السر والعلانية , والرابعة ان يأكل للتقوى لاللشهوات , والخامسة السواك .

“Barangsiapa yang ingin menghafal ilmu, maka ia mesti melakukan lima perkara : pertama , shalat malam (Tahajjud) walaupun hanya dua raka’at, kedua terus menerus punya wudhu’ (menjaga wudhu’),ketiga bertaqwa kepada Allah, baik ditempat sepi maupun ditempat yang ramai. Ke-empat, makan untuk meningkatkan ketaqwaan, bukan karena mengikuti hawa nafsu. Kelima, rajin bersiwak”

Bagi Penghafal Al-qur’an Shalat Tahjjud mempunyai peranan penting salah satunya yaitu untuk menguat hafalan dan mempermudah dalan menghafal Al-Qur’an.

Selain itu,  Keutamaan shalat Tahajjud bagi para penghafal Al-Qur’an diantaranya adalah;

  1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana
  2. Tanda ketaatannya kepada Allah akan terlihat pada wajahnya
  3. Akan dicintai oleh orang-orang sholeh dan semua manusia
  4. Akan terjaga lisannya dari perkataan yang tercela dan mampu menucapkan kata-kata yang mengandung hikmah
  5. Dijadikan orang yang bijaksana dan diberikan rizki pemahaman dalam agama
  6. Wajahnya akan berseri saat bangkit dari alam kubur
  7. Mendapat kemudahan dan keringanan saat dihisab
  8. Melewati jembatan shirotol mustaqim dengan cepat laksana kilat yang menyambar
  9. Catatan amalnya akan diterima oleh tangan kanan
  10. Doanya akan terijabah

Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya:“Allah turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman, Siapa yang berdoa kepada_Ku niscaya Aku kabulkan! Dan siapa yang meminta kepada_Ku niscaya Aku beri! Dan siapa yang meminta ampun kepada_Ku pasti akan Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar.” (HR. Bukhari no. 145 dan Muslim no.758)

 

  1. Penyebab masuknya kedalam surga

Abdullah bin Salam berkata, “Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tertidur, niscaya kamu akan masuk surga dengan selamat.”(HR Tirmidzi)

 

  1. Mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas ra. bahwa Nabi SAW bersabda yang artinya:“Orang-orang yang paling mulia dari umatku ialah mereka para pembawa Al-Qur’an dan orang-orang yang senantiasa sholat di malam hari.”

 

  1. Mendapatkan kesuksesan dunia dan akhirat

Allah telah menjamin kesuksesan bagi setiap hamba_Nya yang taat dan mendekatkan diri kepada_Nya, sehingga kesuksesan yang diperoleh tidak hanya di dunia saja, melainkan kesuksesan di akhirat kelak.

 

  1. Ketenangan hati dan pikiran

Dengan cara mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan melawan nafsu ketika sedang tertidur dan bangkit dari tidurnya lalu memilih untuk mengingat Allah dengan melakukan sholat malam, dan dilanjutkan dengan berdoa. Dimana doa yang dipanjatkan merupakan salah satu bentuk komunikasi kepada Allah SWT, maka ketentraman dan ketenangan hati dan pikiran akan didapatkan.

 

  1. Sholat sunnat paling utama

Puasa yang paling utama setelah puasa ramadhan ialah puasa pada bulan Muharram dan sholat yang paling utama setelah sholat wajib ialah sholat malam.” (HR. Muslim)

 

  1. Diberikan kemudahan dalam segala urusan

Allah akan memberikan pintu-pintu kemudahan dalam segala urusan hambanya. Karena Allah Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang.

 

  1. Akan dicintai oleh Allah SWT

“Apabila seorang suami membangunkan isterinya di malam hari lalu mereka sholat berjama’ah dua raka’at, niscaya mereka akan dicatat dan tergolong orang-orang yang banyak mengingat (Allah).” (HR. Abu Dawud). Allah akan sangat mencintai hamba-hambanya yang ingat kepadanya. Dan sholat tahajud merupakan salah satu tanda kita mengingat Allah.

 

  1. Masuk kedalam golongan orang-orang yang mendapat rahmat dari Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Allah akan merahmati seorang suami yang bangun dimalam hari kemudian ia sholat dan membangunkan istrinya, dan jika istri enggan melaksanakan sholat, lalu ia percikkan air ke wajahnya dan Allah merahmati seorang istri yang bangun di malam hari kemudian ia sholat dan membangunkan suaminya, dan jika suaminya enggan melakukan sholat, ia percikkan air ke wajahnya.” (HR. Abu Dawud)

 

  1. Termasuk kedalam golongan orang-orang sholeh

Sholat malam merupakan sholat yang sering dilakukan oleh orang-orang sholeh. Sehingga siapapun yang melaksanakan sholat “qiyamul lail” termasuk kedalam golongan orang-orang sholeh.

 

  1. Diberikan tempat yang terpuji oleh Allah SWT

Allah berfirman dalam QS. Al-Isra ayat 79. Artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

 

  1. Dapat menghapuskan dosa dan pencegah perbuatan dosa dan terlarang

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Dirikanlah Qiyamul Lail, karena itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, dan merupakan bentuk taqarrub, penghapus dosa dan penghalang dalam berbuat kekhilafan.” (HR. At-Tirmidzi)

 

  1. Terpelihara dari gangguan-gangguan syetan

Hadits tentang sholat malam Artinya: ” Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda “Syaitan mengikat ujung kepala atau tengkuk seseorang diantaramu saat tidur dengan 3 ikatan. Pada setiap ikatan itu syetan berkata “malam masih panjang atau lama, maka tidurlah!”. Jika seseorang diantaramu itu bangun kemudian berzikir kepada Allah SWT, maka lepaslah satu ikatan. Jika ia berwudhu’, maka lepaslah satu ikatan lagi. Dan apabila ia shalat, maka lepaslah semua ikatan itu, sehingga ia memasuki pagi dengan kesegaran dan ketenangan jiwa. Kalau ikatan-ikatan setan itu tidak terlepas, maka ia akan memasuki pagi dengan jiwa yang tidak tenang dan malas.”

 

Itulah beberapa keutamaan, keistimewaan, kemuliaan ataupun fadhilah sholat Tahajud. Dan masih banyak keutamaan lainnya yang belum tertuliskan dalam artikel ini. Jangan pernah ragu dengan pahala dan keutamaannya dimana Allah pun telah menjanjikannya suatu balasan kepada orang-orang yang terbangun dari tidurnya lalu melaksanakan sholat Tahajud

Print Friendly, PDF & Email
Pentingnya shalat Tahajjud Bagi Penghafal Al-Qur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI