Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat Quran…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Semoga kita makin dekat dengan Al-Qur’an ya,,,Aamiin

Inilah wajah-wajah ceria para santri saat mengikuti kegiatan rihlah di Taman Herbal Insani, Depok. Kegiatan rutin ini dilakukan secara berkala setiap bulannya. Selain untuk liburan akhir pekan juga bertujuan untuk mentadaburi nikmat Allah SWT betapa indah ciptaan-Nya.

 

Seperti dalam Surat Al-Baqarah ayat 152

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

Adapun game-game seru seperti :

1. Lomba Balap Rakit

Game air  ini bertujuan untuk melatih kerjasama dan yakin. Jadi penghafal quran itu harus optimis serta istiqomah tapi istiqomahnya dalam kebaikan ya. Dan keseruan itu tidak berakhir sampai disitu masih banyak lagi keseruan lainnya.

2. Lomba Bakiak

Game tradisional ini lucu, seru melatih kerjasama, kekompakan, mengasah kecerdasan, dan Mengajarkan tanggung jawab. Peghafal quran itu harus cerdas jangan mudah hanyut dalam pujian. Kalo kita kompak pasti menang dalam hal apapun itu.

3. Lomba Bulldozer

Game ini memberikan pemahaman tentang pentingnya mengelola perbedaan menjadi kekuatan. Karena di pesantrenlah salah satu tempat perbedaan itu, seperti sifat, adat, budaya, dan ras. Karena hal itu Allah kumpulkan orang-orang yang sholeh dan sholihah di sini biar kita bisa jadi keluarga Allah didunia. Tentu pasti kita bahagia.

4. Lomba Tarik Tambang

Game ini selain untuk berolahraga juga memupuk semangat kerjasama dan bersosialisasi. Manfaatnya dapat meningkatkan kualitas kebugaran jasmani, dan menurunkan ketegangan serta mengurangi sifat malas, suka melamun dan rasa kantuk.

5. Lomba Memanah

Game yang satu ini adalah olahraga sunah yang sangat dianjurkan dan biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW. Seperti dalam hadist

‏حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ نَافِعِ بْنِ أَبِي نَافِعٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ لاَ سَبَقَ إِلاَّ فِي نَصْلٍ أَوْ خُفٍّ أَوْ حَافِرٍ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ ‏.‏

Artinya : Dari Abu Hurairah:Dari Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallama bersabda: tidak ada lomba kecuali pada memanah, balapan unta dan balap kuda”. (HR. Tirmidzhi)

Setiap santri wajib mengikuti setiap kegiatan yang dibuat. Seperti memanah contohnya, Karena selain sunnah memanah juga melatih untuk fokus pada satu target. Sehingga hal ini bisa diterapkan pada kegiatan menghafal. Sebab ada saja hal yang menganggu konsentrasi menghafal seperti kurang fokus, malas, jenuh dan bosan. Sehingga pesantren mengadakan kegiatan rihlah untuk mengurangi hal tersebut.

Dan bisa digaris bawahi bahwasanya setiap perbedaan itu akan indah bila di ukir dengan sesuatu yang indah pula. Jangan pernah ragu percayalah. Menjadi penghafal quran itu adalah suatu kebutuhan bukan sebuah beban atau keterpaksaan. Kita sekarang sebagai orang-orang pilihan yang Allah pilih menjadi penghafal quran jangan pernah bosan untuk terus beusaha menikmati setiap ayatnya. Bahwasanya setiap detik waktu yang kita gunakan untuk menghafal quran akan Allah ganti dengan sesuatu yang lebih baik dikemudian.

 

#30JuzMutqinHargaMati!

#KitaPenghafalQuranSampaiAkhirHayat

#ALLAHUAKBAR

Print Friendly, PDF & Email
Rihlah Seru Santri Akhwat di Taman Herbal Insani
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI