Menghafal Al-Qur’an adalah salah satu bentuk dari kecintaannya seorang hamba terhadap Rabb-Nya. Karena Al-Qur’an merupakan suatu mukjizat yang diberikan secara spesial kepada umat manusia dari RabbNya. Disamping Al-Qur’an merupakan buku panduan yang lurus bagi seluruh manusia, sebagai umat muslim tentu saja kita harus dan wajib untuk menghafal dan mengamalkannya. Apalagi dalam setiap sholat, umat Islam diwajibkan untuk membaca surah pendek atau surah lain selain Al-Fatihah. Untuk itu, menghafal dan membaca Al-Qur’an adalah bagian penting dari kehidupan seorang muslim dan muslimah.

Alhamdulillah, kini sudah banyak bermunculan kembali anak-anak penghafal Al-Qur’an. Dengan bimbingan orangtua mereka, akhirnya mereka berhasil menjadi seorang hafidz. Ternyata hal ini pun didasari karena kesadaran orangtua akan manfaat membaca dan menghafal Al-Qur’an.

Dan tahukah sobat qur’an, ternyata menjadi hafidz Qur’an itu istimewa. Berikut mimin bakal kasih tau ke sobat Qur’an semua tentang keistimewaan seorang hafidz Qur’an itu, dan apa aja sih manfaat-manfaat menghafal Al-Qur’an itu.

  1. Mendapat Kenikmatan Dunia

Cukup banyak Nabi menceritakan tentang kenikmatan-kenikmatan di dunia melalui sabda beliau, dan salah satu kenikmatan dunia adalah hafal dengan Al-Qur’an. Dengan menjaga Al-Qur’an, Allah senantiasa memberikan kemudahan baginya. Bahkan Allah izinkan hambanya untuk iri pada seseorang yang diberi kenikmatan hafal Al-Qur’an. Salah satunya adalah hadits riwayat Bukhari, bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda:

Tidak boleh seseorang berkeinginan kecuali dalam dua perkara, menginginkan seseorang yang diajarkan oleh Allah kepadanya Al-Qur’an kemudian ia membacanya sepanjang malam dan siang, sehingga tetangganya mendengar bacaannya, kemudian ia berkata, ‘Andaikan aku diberi sebagaimana si fulan diberi, sehingga aku dapat berbuat sebagaimana si fulan berbuat.

  1. Mendapat Pahala Kebaikan

Selain itu, manfaat lain yang didapat adalah bertambahnya pahala kebaikan. Semua manusia saling berlomba untuk bisa memperoleh pahala. Karena pahala inilah yang akan menghantarkan manusia ke surga. Yang tentunya atas ridho dari Allah SWT. Pahala diperoleh dari kebaikan yang dilakukan selama manusia hidup. Salah satunya dengan membaca dan menghafal serta mengamalkan Al-Qur’an. Allah pun akan lipat gandakan pahala ini bagi orang-orang yang rajin membaca, menghafal dan mengamalkan isi dalam Al-Qur’an.

Nabi Muhammad SAW bersabda tentang pahala yang didapatkan oleh para pembaca Al-Qur’an. Yang berbunyi:

“Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali. tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.” (HR. Tirmidzi)

  1. Mendapat Penghargaan Khusus dari Nabi

Rasulullah SAW amat sangat menghargai para hafidz Qur’an. Beliau memberikan keistimewaan khusus bagi para hafidz Qur’an. Seperti saat wafat akan didahulukan di kubur, dan juga dijadikan pemimpin delegasi atau pasukan khusus. Orang yang punya hafalan banyak pun diizinkan menjadi imam sholat berjamaah.

Nabi sendiri, pernah mengumpulkan di antara dua orang syuhada Uhud kemudian beliau bersabda,

“Manakah di antara keduanya yang lebih banyak hafal Al-Qur’an, ketika ditunjuk kepada salah satunya, maka beliau mendahulukan pemakamannya di liang lahat.” (HR. Bukhari)

Rasulullah SAW bersabda, ”Yang menjadi imam suatu kaum adalah yang paling banyak hafalannya.” (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah ia berkata, “Telah mengutus Rasulullah SAW sebuah delegasi yang banyak jumlahnya, kemudian Rasul mengetes hafalan mereka, kemudian satu per satu disuruh membaca apa yang sudah dihafal, maka sampailah pada Shahabi yang paling muda usianya, beliau bertanya, “Surat apa yang kau hafal? Ia menjawab, ”Aku hafal surat ini.. surat ini.. dan surat Al Baqarah.” Benarkah kamu hafal surat Al Baqarah?” Tanya Nabi lagi. Shahabi menjawab, “Benar.” Nabi bersabda, “Berangkatlah kamu dan kamulah pemimpin delegasi.” (HR. At-Turmudzi dan An-Nasa’i)

  1. Mencerminkan Seseorang yang Memiliki Ilmu

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa orang berilmu punya nilai lebih. Karena, ilmulah yang menjaga seseorang. Dibandingkan harta, orang yang berilmu senantiasa punya jabatan lebih. Dalam Al-Qur’an pun, orang yang hafal Al-Qur’an sangat istimewa. Allah SWT berfirman dalam kalamNya:

بَلْ هُوَ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ ۚ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ

“Sebenarnya, Al Qur’an itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.” (QS Al-Ankabuut 29:49)

  1. Memberikan Derajat dan Wibawa yang Lebih Baik

Membaca Al-Qur’an akan membuat diri lebih berilmu. Dengan demikian, orang-orang pun akan menghormati penghafal Al-Qur’an. Seorang penghafal Al-Qur’an akan disenangi, disayangi, bahkan dikagumi banyak orang. Karena, ingin mencontoh kemampuannya. Nabi Muhammad bersabda,

“Orang orang yang hebat dalam membaca Al-Qur’an akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan da taat pada Allah SWT  dan orang orang yang terbata-bata membaca Al-Qur’an lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala,” (HR. Bukhari)”

6. Menghormati Seorang Hafidz juga Disukai Allah

Dalam hal ini Allah melihat seseorang yang menyenangi dan mengagumi hafidz sama halnya mengagungkan Allah. Artinya, dengan kuasa Allah seorang hafidz dimampukan untuk bisa hafal banyak ayat. Itulah sama halnya mengagumi kuasa Allah berupa rahmat pada seorang penghafal Al-Qur’an.

“Sesungguhnya termasuk mengagungkan Allah menghormati orang tua yang muslim, penghafal Al-Qur’an yang tidak melampaui batas (di dalam mengamalkan dan memahaminya) dan tidak menjauhinya (enggan membaca dan mengamalkannya) dan Penguasa yang adil.” (HR. Abu Daud)

  1. Hafidz Merupakan Orang-orang Terpilih

Manfaat menghafal Al-Qur’an sangat banyak bagi seorang hafidz atau orang yang fasih menghafalkan Al Qur’an. Hidayah Allah diketahui hanya untuk orang-orang tertentu saja. Termasuk seorang yang hafal Al-Qur’an, mereka juga adalah orang-orang pilihan Allah.

“Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al-Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya.” (HR. Ahmad)

  1. Mendapat Perlindungan dan Rahmat Lewat Malaikat

Allah sangat menyukai orang-orang yang menjaga Al-Qur’an dalam dirinya. Termasuk dengan membaca dan menghafalnya. Apalagi dengan memahami isi dan mengamalkannya. Allah memberi perhatian khusus bagi orang-orang ini. Allah melindungi mereka dari kejahatan. Selain itu juga melimpahkan banyak rahmat bagi mereka.

” Ketika para kaum muslim berkumpul di masjid masjid Allah dan mereka membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya, maka akan datang kepada mereka ketentraman , rahmat allah dan dilindungi malaikat malaikat dan allah menyebut mereka dihadapan makhluk yang ada didekatnya.”

  1. Al-Qur’an Menjadi Syafa’at (Penolong) bagi para Pembacanya

Sungguh mulia dan dimuliakan nya seorang hafidz Qur’an di dunia terlebih di akhirat. Nabi Muhammad SAW pun bersabda mengenai hal ini,

“Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.” (HR. Muslim)”

  1. Memperoleh Mahkota Kemuliaan

Manfaat menghafal Al-Qur’an selanjutnya adalah memperoleh mahkota kemuliaan atau Tahjul Karomah. Penghargaan ini datangnya langsung dari Allah. Merekalah orang-orang terpilih yang dianggap bisa melewati ujian di dunia yang hanya sementara. Mereka dianggap berhasil lulus dari segala cobaan duniawi.

Mereka akan dipanggil, “Di mana orang-orang yang tidak terlena oleh menggembala kambing dari membaca kitabku?” Maka berdirilah mereka dan dipakaikan kepada salah seorang mereka mahkota kemuliaan, diberikan kepadanya kesuksesan dengan tangan kanan dan kekekalan dengan tangan kirinya. (HR. At-Tabrani)

  1. Orangtua Mereka pun Dijanjikan Kemuliaan

Ternyata, tak hanya seorang penghafal Al-Qur’an saja yang dijanjikan kemuliaan. Orangtua mereka pun juga. Sungguh, seorang anak yang berbakti pada orangtua salah satu caranya adalah memberikan kemuliaan.

“Mengapa kami dipakaikan jubah ini?” Dijawab,”Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al-Qur’an.” (HR. Al-Hakim)

  1. Membuat Seseorang Berperilaku Mulia

Membaca Al-Qur’an bisa merubah seseorang. Dengan membaca Al-Qur’an seseorang bisa mendapat ilmu baru untuk memperbaiki hidupnya. Seseorang juga bisa mendapat pencerahan yang lebih baik untuk hidupnya seperti hidayah. Al-Qur’an memberi jalan bagi seseorang untuk jadi lebih baik.

“Sebaik baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Al-Qur’an serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR.Bukhari)”

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Menghafal adalah salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan seseorang. Dengan menghafal otak akan lebih cepat menyerap informasi juga menyimpannya dalam jangka waktu lama. Semakin sering membaca Al-Qur’an ternyata melatih juga peningkatan otak dalam mencerna informasi.

Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa orang yang pandai menghafal punya kecerdasan yang baik. Terbukti dengan mereka rajin menghafal, mereka juga akan lebih mudah mengingat hal-hal kecil yang mereka harus ingat. Jadi, jika Anda ingin punya anak cerdas bisa mulai mengajarkan untuk membaca dan menghafalkan Al-Qur’an sejak dini.

  1. Menyelamatkan di Dunia Maupun di Akhirat

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Al-Qur’an akan menyelamatkan. Tak hanya di dunia, tapi di akhirat. Al-Qur’an sebagai ilmu akan menjaga manusia dari kejahatan. Al-Qur’an di akhirat pun bisa menyelamatkan dengan pahala kebajikan.

Rasulullah SAW bbersabda bahwa : “Ibadah yang paling berkah dan istimewa adalah membaca dan mempelajari Al-Qur’an serta mengamalkannnya dalam kehidupan sehari hari bahkan pada tiap satu ayatnya yang telah dibaca mengandung 10 kebaikan dan ajaran kebenaran didalamnya.”

  1. Penyembuh dari Berbagai Macam Penyakit

Membaca dan menghafal Al-Qur’an sendiri dapat menjauhkan seseorang dari penyakit. Tak hanya dijauhkan, namun juga bisa disembuhkan. Al-Qur’an adalah ilmu yang mencakup berbagai aspek kehidupan. Dalam hal penyembuhan dalam Al-Qur’an ada ilmu kesehatan termasuk didalamnya adalah obat. Maka bagi orang yang hafal dengan Al-Qur’an akan berpikir dan mengambil ilmu darinya. Salah satunya adalah:

Dan makanlah oleh kamu bermacam macam buah serta tempuhlah jalan jalan yang telah ditetapkan  pada tubuhmu dengan lancar .Ada madu yang bermacam macam jenisnya dijadikan sebagai obat untuk manusia. Di alam semesta terdapat banyak tanda tanda kekuasaan Allah bagi orang orang yang memikirkan  hal itu.” (QS An-nahl 16 : 69)

  1. Memberi Ketentraman Hati

Manusia kadang diliputi dosa dan hal-hal duniawi. Hal ini yang menyulitkan manusia untuk tetap tenang dan fokus. Dengan membaca Al-Qur’an, manusia akan disadarkan betapa luasnya dunia. Akhirnya manusia pun bisa bersyukur. Dari rasa syukur inilah yang bisa memunculkan ketentraman.

“Orang orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (Ar-Rad : 28)

  1. Mengobati Penyakit Hati

Manusia memang makhluk yang tidak pernah puas dan sulit sekali merasa cukup. Kadang hal ini mendatangkan penyakit hati. Penyakit itu adalah iri hati, dengki, dan dendam. Dalam Al-Qur’an ada ketentraman yang bisa ditemukan. Ketentraman ini berupa keikhlasan yang menyadarkan betapa kecilnya manusia dibandingkan alam semesta. Cobaan kecil tidak menghalangi manusia untuk terus berusaha.

  1. Pelindung dari Segala Keraguan

Manusia seringkali digoda oleh keraguan. Banyak hal yang ingin dilakukan tapi masih merasa ragu. Padahal, keraguan adalah salah satu sifat yang tidak disukai Allah. Manusia harus bisa memantapkan hatinya dengan kerendahan diri. Dalam Al-Qur’an, manusia bisa melihat betapa bukti-bukti kuasa Allah itu sangat nyata di depan mata. Dengan demikian manusia tak perlu meragukan lagi hal apapun.

  1. Kehidupan Dunia dan Akhirat yang Lebih Seimbang

Dalam Al-Qur’an terdapat berbagai petunjuk bagaimana menjalani kehidupan sebaik-baiknya. Manusia senantiasa mencari kebenaran. Dalam Al-Qur’anlah kebenaran itu berada. Didalamnya ada petunjuk bagaimana menjalani hidup dengan sabar dan selamat dunia juga akhirat. Manusia pun bisa hidup lebih baik lagi karena menemukan keseimbangan.

  1. Sebagai Pelebur Dosa

Dosa adalah bagian yang pasti pernah dilakukan setiap manusia. Tak ada manusia yang bisa luput dari berbuat dosa. Baik dosa kecil ataupun besar sama saja berdosa. Untuk itu, Allah beri kesempatan bagi manusia untuk memohon ampunan dan bertaubat. Dengan Al-Qur’an, manusia dijaga dari mengulangi dosa kembali. Selain itu, juga mencegah manusia untuk berada di jalan yang salah.

  1. Penghafal Al-Qur’an Dijauhkan dari Pikun

Dengan rajin menghafal, pikiran seorang penghafal sudah kuat karena terbiasa mengulang bacaan. Hal ini yang membuat kisah para penghafal tidak pernah terdengar pikun. Mereka senantiasa dijaga ingatannya dan selalu belajar setiap hari. Seorang yang menghafal Al-Qur’an berbeda dari penghafal biasa karena apa yang dihafalnya juga dibaca dalam bacaan sholat.

  1. Dimudahkan dalam Berbicara

Bicara adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki seseorang. Dengan berbicara, seseorang mampu menggerakkan sekumpulan besar orang lainnya. Artinya, berbicara bisa menarik simpati banyak orang. Seorang yang menghafal Al-Qur’an akan lebih banyak yang menyukai dan seringkali diberi kepercayaan. Hal ini karena saat ia berbicara banyak orang yang mendengarkan. Ini juga merupakan kelebihan dari seseorang yang hafal AL-Qur’an yaitu mudah atau lancar dalam berbicara.

  1. Mendapat Ketenangan Psikis

Zaman sekarang banyak sekali tuntutan hidup yang membuat hati sempit. Karena kesempitan ini membuat orang jadi punya banyak masalah. Masalah itu datangnya dari harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Seringkali manusia tak sanggup menghadapi kenyataan dan menjadi terguncang jiwanya.

Seorang penghafal Al-Qur’an tidak mengalami keguncangan jiwa karena masalah kehidupan seperti ini. Mereka lebih terlihat tenang saat menghadapi masalah duniawi. Hal ini karena mereka membaca dan mengamalkan apa yang ada dalam Al-Qur’an yang membuat mereka senantiasa yakin bahwa Allah itu Maha Melihat dan Mengetahui. Mereka pun tidak takut apa yang akan mereka hadapi karena Allah senantiasa melindungi Hamba-Nya.

  1. Menjadi Hujjah dalam Perang Pemikiran (Ghazwul Fikri) Saat Ini

Al-Qur’an berisi bukti yang nyata atas kuasa Allah baik di langit maupun di bumi. Tetap saja, ada manusia yang menentang kekuasaan Allah. Namun, seorang penghafal Al-Qur’an bisa melawan para penentang kekuasaan Allah tersebut.

Penghafal Al-Qur’an diberi ilmu lebih untuk membuktikan kebenaran. Hal ini juga kelebihan yang Allah berikan bagi para penghafal Al-Qur’an. Dengan memberikan ilmu yang dipelajarinya lewat Al-Qur’an, para penghafal ini mampu bertarung dalam peliknya perang pemikiran di masa sekarang yang semakin gencar.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat atas keistimewaan yang didapatkan oleh seorang hafidz Qur’an sobat. Semoga dapat memberikan motivasi dan semangat kepada sobat sekalian untuk lebih giat lagi dalam menghafal dan mengamalkan isi dan kandungan dalam Al-Qur’an. Semangat!!!

 

Print Friendly, PDF & Email
Seorang Hafidz Qur’an itu Istimewa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI