Keistimewaan Alquran dibanding kitab-kitab yang diturunkan kepada para nabi sebelumnya dan merupakan mukjizat alquran yaitu terjaganya kemurnian dan keasliannya dari perubahan ataupun penyelewengan dari para musuh musuh agama islam ini, karena Alloh subhanahu wa taala sendiri yang telah menjamin alquran ini tetap terjaga, dan terbebas dari usaha para musuh islam untuk menyelewengkannya.sebagaimanaAlloh taala berfirman :“sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran dan Kami jugalah yang akan menjaganya” (QS. Al Hijr)

Timbul pertanyaan, bagaimana cara Alloh Ta’ala menjaga Alquran ini dari perubahan dan penyelewengan ? Jawabannya yaitu melalui lisan dan hafalan para hufadz Al Quran, para penghafal Al Quran,karena mereka menjaga Al Quran ini di dada-dada mereka, mereka menjaga dengan akal, hati dan jiwa-jiwa mereka. Dan ini merupakan penjagaan Alloh terhadap kemurnian wahyu-Nya yaitu Al Quran. Pada pembahsan ini kita akan berbicara tentang sifat para penghafal alquran, sifat para ahli quran, sifat yang Alloh sendiri sifati mereka dalam Alquran dan dari Sunnah nabi-Nya –shallallohu alaihi wa sallam:

Di antara sifat para ahli quran atau para penghafal quran yaitu:

  1. Para penghafal quran mereka adalah para hamba Ar Rohman. Para penghafal alquran mereka memiliki akhlak yang luhur,serta memiliki akal dan pikiran yang jernih dan juga jiwa yang besar. Wajahmerekasenantiasa bersinar dan mereka larut dalam kekhusyu’an beribadah.
  2. Para penghafal quran mereka adalah sebaik-baik umat ini yang telah diturunkankan kepada manusia.
  3. Para penghafal quran adalah mereka yang terpilih dari umat terbaik yang telah rasululloh shallallohu ‘alaihi wa sallam pilihkan. Sebagaimana beliau bersabda :sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya. (HR. Bukhori no.5027)
  4. Para penghafal alquran mereka memiliki kedudukan dekat dengan Alloh Ta’ala. Alloh Ta’ala menjadikan para penghafal quran sebagai kerabat-Nya, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam Ahmad dalam musnadnya, dari sahabat anas ibn malik, rosululloh –shallallohu ‘alaihi wa sallam- bersabda :“sesungguhnya Alloh memiliki kerabat dari kalangan manusia”. para sahabat bertanya: siapa mereka wahai rosululloh? “para penghafal Alquran mereka itu keluarga Alloh (kerabat-Nya) (HR. imam Ahmad dalam musnadnya).
  5. Ahli quran mereka saling menyayangi sesama. Sebagaimana Alloh berfirman : “tetapi berkasih sayang sesama mereka”(QS. Al Fath : 29).
  6. Ahli quran adalah mereka yang Alloh lapangkan dada – dada mereka terhadap islam dan mereka ada diatas cahaya dari Robb mereka.
  7. Ahli quran mereka adalah orang – orang yang senantiasa melantunkan dan membaca Alquran dengan bacaan yang benar, mereka inilah orang-orangyang beruntung pada hari kiamat
Print Friendly, PDF & Email
SIFAT PARA PENGHAFAL AL QURAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI