Assalamualaikum Wr.Wb

CARA MENCINTAI AL-QUR’AN

Sahabat Qur’an yang di karuniai Allah, Al-Qur’an itu ibarat surat cinta dari kekasih. Mencintai surat tersebut mencerminkan cinta kita kepada yang terkasih. Sikap mencintai Al-Qur’an haruslah dimiliki oleh setiap muslim karena Al-Qur’an adalah tanda cinta Allah Swt. kepada kita hambaNya. Sikap cinta kepada Al-Qur’an telah dicontohkan dengan sangat indah oleh para pendahulu kita, yaitu para sahabat Nabi yang mulia.

Bagaimanakah sikap para sahabat terhadap AlQur’an? Setiap kali turun satu ayat, para sahabat berlomba mengerumuni Nabi saw. untuk mendengarkan ayat tersebut. Mereka mendengarkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan rasa ingin tahu dan hormat yang sangat besar. Sedemikian besar keingintahuan mereka hingga suatu saat Rasulullah mendesak Malaikat Jibril untuk segera menurunkan wahyu. Setelah mendengar ayat tersebut, para sahabat segera menghafalkannya dan mengamalkannya. Dari contoh tersebut, kita dapat mengambil pelajaran cara mencintai Al-Qur’an.  Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Senantiasa meluangkan waktu untuk membaca dan mempelajarinya.
  2. Memperlakukan Al-Qur’an dengan hormat, baik saat membawanya, meletakkannya, maupun menyimpannya.
  3. Mendengarkan bacaan Al-Qur’an dengan penuh hikmat.
  4. Menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman utama dalam menjalani hidup.
  5. Bersegera mengamalkan perintah dan menjauhi larangan yang ada dalam Al-Qur’an.
  6. Senantiasa Membawanya kemanapun dan kapanpun.

Kegiatan Pribadi Kecintaan kepada kitab Al-Qur’an akan tercermin dalam tindakan kita sehari-hari terhadap Al-Qur’an. Untuk itu, kita diajak untuk melatih kecintaan kepada kitab. Caranya adalah dengan membiasakan diri membaca, mengkaji, dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an. Mencintai Al-Qur’an ditunjukkan dengan semangat untuk mempelajarinya dan dari kecil kita di tuntut untuk belajar Al Qur’an. Meski begitu, tidak ada kata terlambat untuk belajar Al Qur’an.

Itulah Cara Mencintai Al-Qur’an, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Print Friendly, PDF & Email
Tips Mencintai Al-Qur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI