Al-Quran adalah kitab suci, kitabullah, kitab para kaum muslim. Sebagai kaum muslim kita harus bisa membacanya, menjaganya, memeliharanya, dan mempelajarinya terlebih dahulu. Karena di akhirat kelak Al-quran yang bisa membawa kita ke jannah-Nya, dengan al-quran kita bisa mempelajari bahasa arab juga karena bahasa surga ialah bahasa arab.
Disini saya akan berbagi beberapa tips menghapal al-quran :

1. Niat
Kita harus niat dari hati kita, niat karena Allah bukan niat karena terpaksa. Karena dengan niat kita akan mudah mempelajari al-quran apalagi menghapalnya

2. Target
Jika sudah ada niat yang bulat kita bikin target, karena dengan target in syaa Allah kita akan memenuhi target tersebut dikit demi seditikit. Akan tetapi kebanyakan orang dengan target sendiri terjadi tidak keistiqomahan dalam menjalankan nya. Nah biar kita selalu istiqomah dalam target kita, kita tempel tulisan target tersebut di tempat-tempat yang sering kita lihat seperti pintu lemari, kaca, tempat tidur dsb.

3. Harus mempunyai adab pada kitab
Yang dimaksud harus mempunyai adab pada kitab adalah ketika kita pegang al quran dan untuk mempelajari nya seperti berikut :
a. Suci
Alangkah baiknya ketika kita belajar kitab ataupun memegangnya ambil air wudhu dahulu karena al quran ialah kitab Allah dan sebagian adab kita pada kitab-Nya
b. Di atas kepala
Ketika kita ingin menghapal al quran baiknya al quran kita letakan pada bagian atas kepala atau sejajar sama jidat juga boleh karena dengan itu in syaa Allah bisa membantu kepokusan kita saat menghapalkan ayat-ayat nya.Dan bisa juga letakan al quran pada bagian atas kanan/kiri kepala kita.
Dan jika membawa al quran kemana saja jangan kita pegang dibawah tangan (ketiak) telapak tangan dengan tangannya memanjang kebagian bawah sejejer sama kaki. Baik nya kita pegang pakai telapak tangan dengan sejejer ataupun di atas dada kita.
c. Kiblat
Ketika menghapal, membaca ataupun mempelajari al quran di anjurkan untuk menghadap kiblat bukan membelakangi kiblat karena sebagian ibadah kita kepada Allah Swt.

4. Lingkungan
Kita berhak memilih lingkungan ketika menghapal al quran karena dengan lingkungan yang baik kita akan lebih pokus, nyaman dan tidak bosan. Percuma tempat kita menghapal kotor, rusuh dsb dan pada akhirnya menimbulkan males, bosan dll.
Jika tempatnya sejuk kita akan betah dan asyik untuk menghapal al quran.

5. Memilih teman
Selain lingkungan kita juga berhak memilih teman disekitar kita. Orang bijak berkata ” jika kamu berteman dengan tukang jualan minyak wangi maka kamu akan ketularan wanginya dan jika kamu berteman dengan tukang jualan besi makan kamu akan ketularan karat besinya”
Jadi kalau kita berteman dengan orang-orang yang sholeh dan sholehah maka kita akan konsisten dengan niat dan target kita. Dan kalau kita berteman dengan teman yang awam dan susah di ajak ke jalan yang baik maka kita akan ketularan ataupun ikut-ikutan mereka dan akhirnya kita tidak menjalankan apa yang kita niatkan dari awal.

6. Perbanyak ibadah
Jangan pokus sama al quran saja akan tetapi dibalik itu kita harus perbanyak ibadah yang lainnya juga seperti :
a. Sholat Sunnah
Sholat sunnah banyak seperti sholat dhuha, sholat tahjud, sholat rawatib dll. Nah disini salah satu nya ialah sholat tahajud.
Dengan sholat tahajud di sepertiga malam doa-doa yang kita inginkan in syaa Allah akan tekabulkan, kita harus merendah diri pada-Nya dan kita serah saja pada Allah Swt.
Dan diwaktu ini juga kita akan mudah untuk menghapal al quran karena otak kita berjalan dengan lancar (mudah tangkap) dan tidak berisik hanya kita, Allah yang tau 🙂
b. Sholat diawal waktu
Sholat di awal waktu membantu kita juga mempelancar menghapal al quran karena kita tunjukan akan pedulinya kita sama sang maha khaliq. Dengan ini Allah Swt tau akan makhluk nya sedang berusaha untuk kebaikan, maka dari itu Allah Swt membantu makhluknya dengan dimudahkan dalam menghapal al quran.

7. Jangan pernah jenuh
Setiap manusia yang ingin menjalankan kebaikan bangak godaan, dan yang menjalankan keburukan jarang ada nya godaan. Terkadang ketika kita sedang menghapal al quran timbul rasa jenuh, bosan, boring, pengen istirahat tapi target kita belum terpenuhi, malas dsb. Akan tetapi kita langsung ingat saja pada niat kita untuk siapa dan target-target kita. Karena dengan itu semuanya akan kembali ke kita, untuk kita diri sendiri bukan orang.
Jadi kita harus keep sprint :), kita harus bisa menjaga ke istiqomahan kita, jangan mudah tergiur dengan godaan-godaan. Banyak yang bilang bikin target ataupun semacam itu mudah dan terjalan di awal-awal saja akan tetapi di pertengahan jalan dikit-dikit ada perubahan karena ada nya godaan dan tidak terselesaikan akhirnya tidak konsisten dengan apa yang kita inginkan dari awal.

NAMA : Siti Netti Sentri Yunisa
TTL : Sukamerindu, 22 Desember 1996
Status : Mahasiswi STEI SEBI Depok
Alamat : Jln.pondok rangga, Rt/Rw : 01/01
Email : nettisantri@gmail.com
Motto : Berjalan diatas rata-rata orang lain & Annur:35

Print Friendly, PDF & Email
Tips Menghafal Al – Qur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI