Menghafal al-Quran itu mudah. Begitu kata Al-Qur’an. Tidak ada orang yang mengatakan susah melainkan mereka yang tidak mencoba dan berusaha. 

Banyak orang bertanya,

bagaimana sih tips mudah menghafal bagi kita yang sibuk?

 

Jika anda termasuk orang yang pernah bertanya-tanya dalam hati, maka semoga Anda tidak termasuk orang yang sekedar mempertanyakan hal itu saja, mengetes orang yang sudah berhasil menghafal ataupun iseng bertanya demikian.

 

Tidak! Tapi mudah-mudahan anda serius bertanya hal itu karena Anda ingin menjadi penghafal Al-Qur’an juga, bukan? Mudah-mudahan saja demikian.

 

Jika anda serius bertanya demikian dan ingin mempraktekkan langkah-langkahnya, maka berikut cara menghafal Al-Qur’an bagi anda yang sibuk, tapi serius ingin bisa menghafal Al-Qur’an:

 

  1. Katakan dari dalam lubuk hati anda yang paling dalam bahwa Anda ingin bisa hafal Al-Qur’an semampu usaha maksimal anda.
  2. Jika Anda super sibuk dan sulit mendapatkan waktu luang menghafal Al-Qur’an, maka beruntunglah Anda. Mengapa? Karena Anda memiliki jiwa maju dan optimis bisa menghafal Al-Qu’ran di samping kesibukan Anda sekarang. Saya katakan kepada Anda, “Justru mereka yang sibuklah yang bisa menghafal Al-Qur’an.”

Karena hanya orang yang sibuk saja yang bisa mengatur waktunya di sela-sela kesibukannya yang padat. Sebaliknya, hanya orang-orang yang ‘menganggur’ dan ‘sok sibuk’ saja yang sulit mengatur waktu.

Bedanya, orang yang sibuk relatif lebih pandai menghargai waktunya ketimbang mereka yang tidak atau berpura-pura sibuk. Sementara orang yang menganggur lebih suka membuang-buang waktunya daripada mendayagunakannya.

  1. Berguru pada ‘Kampus Jalanan”. Maksudnya? Ya, kampus jalanan adalah waktu di mana anda seringkali menghabiskan waktu hidup Anda. Coba anda evaluasi kembali waktu yang selama ini anda gunakan. Kira-kira kapankah waktu yang paling banyak anda habiskan tanpa ada manfaatnya?

Katakanlah misalnya, yang paling menyita waktu anda tanpa produktif adalah waktu di jalan. Benarkan?! Ya di jalan raya saat anda berangkat ke kantor. Terlebih lagi bagi anda yang hidup di kota-kota besar, seperti Jakarta misalnya.

Atau juga waktu lain seperti waktu jam-jam istirahat, jam-jam usai makan siang dan waktu mengobrol dengan rekan kerja anda. Bukankah semua itu adalah saat-saat di mana waktu anda dengan sangat cepat habis dan tersita sedikit demi sedikit tanpa produktifitas yang berarti?!

Nah, itulah yang dimaksud dengan ‘Kampus Jalanan’. Coba misalnya, jika ada mengalokasikan saja 1 jam dalam sehari di sela-sela waktu jeda anda, maka betapa banyak sudah dalam 30 tahun misalnya anda gunakan untuk menyempatkan diri menghafal dan berinteraksi dengan Al-Qur’an? Berapa juz yang anda hafal?

 

Pasti hasilnya Amazing! Dan saat itulah anda dikategorikan sebagai ‘orang yang berhasil’ mengatur waktu untuk Al-Qur’an.

 

Semakin terbiasa anda meluangkan waktu menghafal dalam sehari yang tidak bisa diganggu -gugat, maka -saya yakin- pasti akan banyak lagi waktu-waktu produktif lain yang teralokasikan untuk menghafal Al-Qur’an.

 

Malah Anda akan sangat merasa kekurangan waktu menghafal dan akan meluangkan waktu lebih banyak lagi demi menyelesaikan dan mendayagunakan waktu-waktu emas tersebut.

 

Dengan begitu Insya Allah, waktu-waktu lain selain Al-Qur’an yang sudah Anda alokasikan akan menyesuaikan diri dengan waktu khusus untuk Al-Qur’an. Insya Allah, hasil anda menghafal Al-Qur’an akan terlihat nanti.

 

Jadi, jangan ragu lagi anda mempraktekkan resep jitu ini. Resep yang jarang digunakan oleh mereka yang mengatakan dirinya ‘sok sibuk’ dan -mengklaim- ‘sudah tidak punya waktu lagi’, padahal waktu untuk bercanda, mengobrol dan menghabisi waktu tanpa makna lainnya mereka sangat pandai.

 

Dan keberhasilan itu bisa didapat dengan memulainya sekarang juga. Ya, sekarang juga..

 

Semoga Allah memudahkan waktu anda dan menjadikannya lebih produktif melipatgandakan investasi pahala di sisi Allah dengan al-Quran, amiin.

 

Wallahu alam…

Print Friendly, PDF & Email
Tips Mudah Mengafal Al-Qur’an untuk Anda yang Sibuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI