Rasulullah SAW. bersabda, “Siapa yang membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya maka akan dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat yang mana cahayanya seperti cahaya matahari. Dan kedua orangtua-nya akan dipakaikan jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, ‘’mengapa kami dipakaikan ini (jubah)?” Dijawab, “Karena kalian berdua telah memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Alquran.”  (HR. Al Hakim).

Subhanallah, orang tua yang memiliki anak Hafizh Al-Quran akan mendapatkan jubah (kemuliaan) yang tidak didapatkan di dunia. Namun terkadang kita bingung bagaimana cara mendidik anak agar mudah dalam menghafal ayat-ayat suci Al-Quran.

Sesungguhnya Allah SWT. yang menjamin kemurnian Al-Quran telah memudahkan umat ini untuk menghafal dan mempelajari kitab-Nya. Allah SWT. memerintahkan para hamba-Nya agar membaca ayat-ayat-Nya, merenungi artinya, dan mengamalkan serta berpegang teguh dengan petunjuknya. Allah SWT. telah menjadikan hati para hamba yang shalih sebagai wadah untuk memelihara firman-Nya. Dada mereka seperti lembaran-lembaran yang menjaga ayat-ayat-Nya.

Firman Allah SWT:

“Sebenarnya, Al-Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zhalim …”[al-Ankabût/29:49].

Dahulu, para sahabat Radhiyallahu ‘anhum yang mulia dan Salafush-Shalih, mereka berlomba-lomba menghafal Al-Quran, generasi demi generasi. Bersungguh-sungguh mendidik anak-anak mereka dalam naungan Al-Quran, baik belajar maupun menghafal disertai dengan pemantapan ilmu tajwid, dan juga mentadabburi yang tersirat dalam Al-Quran, (yaitu) berupa janji dan ancaman.

Sehingga, tak perlu ada setetes keraguanpun seharusnya dalam hati para orang tua untuk mendidik anaknya untuk menghafal serta mempelajari Al-Qur’an. Karena sesungguhnya, dengan Al-Qur’an lah insyaAllah seorang anak mampu memuliakan kedua orang tuanya, baik di dunia dan terutama di akhirat kelak. Allahumma Aamiin. []

Print Friendly, PDF & Email
Untukmu.. Ayah dan Bunda..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI