Assalamu’alaikum Sahabat Qur’an ……

Bagaimana kabar hafalan nya? semoga tetap istiqamah dalam menghafal ya

tak terasa sudah hari jum’at lagi  pastinya sahabat sahabat semua tak terlewatkan dong dengan surah AlKahfi nya

yap! surah AlKahfi yang dibaca setiap hari jum’at penuh sekali pahala dan keistimewaanya diantaranya

Pertama: Membaca Al-Kahfi pada Hari Jumat akan terhindar dari fitnah Dajjal. Sosok kejam yang akan keluar pada akhir zaman ini nantinya akan membuat kerusakan di bumi dan menebarkan fitnah kepada setiap umat Islam. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa dengan rajin membaca surat ini pada hari jumat maka akan terhindar dari fitnah tersebut.
Kedua: Membaca Al Kahfi pada hari Jumat  adalah mendapat pengampunan dosa diantara dua Jumat
Ketiga: Membaca Surah Al Kahfi pada Hari Jumat juga akan mendapat pancaran cahaya diri.
“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (HR Al-Hakim) 

Jum’at yang penuh barakah juga hari libur buat para santri seneng kan sahabat Qur’an kalau sudah libur, namun hari libur biasanya santri Raudatul Qur’an diisi dengan hal yang bermanfaat pastinya, biasaya nih dimalam jum’at  tak terlewatkan dengan membaca surah Alkahfi  selain Sunnah, membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya. Dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kesempatan membaca surat Al-Kahfi adalah sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis sore sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’at.

setelah membaca surah Alkahfi dilanjut dengan bersalawat atau disebut rawian. yang dilaksanakan setelah shalat isya Shalawat merupakan bacaan doa dan pujian untuk Nabi Muhammad SAW yang  memiliki banyak keutamaan dan pahala yang agung. Dalam Al-Qur’an dan hadist, banyak perintah agar manusia mengucapkan pujian yang berbunyi Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa alihi washahbihi wasallim ini. Terlebih jika kalimat Shalawat diucapkan setiap hari Jumat, maka manfaat dan keutamaannya menjadi lebih besar lagi.

Nah bukan cuma itu aja sahabat Qur’an setelah melakukan shalat subuh berjamaah dilanjut dengan membaca surah pilihan supaya waktu subuh pun digunakan dengan sebaik baiknya dan dilanjutkan dengan piket berjamaah atau membersihkan dan menjaga  seluruh lingkungan pesantren supaya tetap terjaga kebersihannya dan nyaman untuk hafalan karena pengasuh pondok pesantren  Umi Sahniar Saragi selalu berpesan kepada seluruh  santri nya supaya bertanggung jawab dari hal sekecil apapun itu …

aktifitas lain biasanya dilanjut dengan membaca buku yg bermanfaat  karena jika kita ingin mengenal dunia maka  membacalah dan menulislah jika ingin dikenal dunia , nah sahabat Qur’an gunakan lah hari jum’at yang penuh dengan barakah ini dengan hal hal yang bermanfaat dan berpahala pastinya yaaa

yuk! pergunakan waktu dengan sebaik mungkin agar hari hari kita jauh lebih bermanfaat

#30JuzMutqinHargaMati

#Santrikeren

#YukMondok

Wassalamu’alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh

 

Print Friendly, PDF & Email
Yuk Manfaatkan Hari Jum’at
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WHATSAPP KAMI DISINI